Advertisement

PARENTING: Anak Mulai Kecanduan Gawai, Ini Cara Mengatasinya

newswire
Rabu, 21 November 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Anak Mulai Kecanduan Gawai, Ini Cara Mengatasinya Ilustrasi anak memegang ponsel - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gawai sangat berbahaya bagi perkembangan pribadi anak-anak jika penggunaannya tidak terkontrol. Orang tua pun bisa terdampak.

Menghindarkan anak dari gadget sepertinya jadi hal yang mustahil saat ini. Namun orang tua diwajibkan Saskhya Aulia Prima, Psikolog dan pendiri Tiga Generasi mengatakan orang tua tidak akan bisa melarang anak untuk tidak bermain gadget. Yang bisa dilakukan adalah perlahan-lahan mengurangi kecanduan anak dengan mengajaknya bermain.

Advertisement

"Kalau anak sudah adiksi, kita enggak bisa menghilangkan adiksi itu. Misalnya dia main tiga jam, lama-lama dikurangin. Kita harus kurangin pelan-pelan. Kadang-kadang yang anak gadget itu, karena orang tuanya yang enggak ngajak main anaknya, nyanyi bareng atau ngobrol bareng," ujar Saskhya di Jakarta belum lama ini.  

Orang tua diharapkan bisa menjadi contoh bagi anaknya. Kalau orang tua sering memegang gadget di depan sang anak, pasti akan ditiru olehnya.

"Sebagai orang tua harus jadi role model. Kalau kita bilang anak enggak boleh main gadget, ya jangan di depan anak kita main gadget. Anak jadi lihat, lah orang tuanya main gadget, jadi dia ikut," jelas Saskhiya.

Selain itu, baiknya orang tua juga membuat peraturan yang ditaati bersama. Misalnya, pada ruang tertentu dilarang untuk bermain gadget.

"Misalnya di ruang makan, di ruang tidur, dan ruangan belajar free gadget. Di luar itu mungkin boleh ada. Makin lama, pelan-pelan menguranginya," katanya.

Menurut Saskhya, gadget dibutuhkan untuk mencari pengetahuan. Sedangkan untuk melatih kemampuan motorik, lebih baik menggunakan permainan.

"Kalau gadget itu lebih ke pengetahuan, kalau motorik itu tidak masuk. Semua tergantung umur," terang Saskhya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement