Minuman untuk Memulai Hari Tak Melulu Kopi

Ilustrasi teh hijau - Reuters
04 Desember 2018 09:35 WIB newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pagi hari saat Anda akan memulai semua aktivitas, banyak yang mengonsumsi kopi agar lebih bersemangat. Padahal tak melulu kopi, ada beberapa minuman lain yang malah menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Minuman ini cocok bagi Anda yang sedang menghindari kafein

Berikut empat diantaranya menurut para ahli diet seperti dilansir Medical Daily belum lama ini:

Teh hijau

Menurut berbagai penelitian, jenis teh ini dapat membantu masalah alergi, meningkatkan daya penglihatan,  menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko kerusakan gigi.

Brigitte Zeitlin, ahli diet terdaftar dan pemilik BZ Nutrition, mencatat bahwa teh mengandung lebih sedikit kafein dan lebih banyak antioksidan ketimbang kopi.

Kefir

Jika Anda menghadapi masalah seperti kembung atau buang air besar yang tidak teratur, kefir bisa menjadi pilihan. Kefir adalah minuman susu fermentasi, yang dibiakkan dari biji kefir. Minuman ini diyakini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena mengandung probiotik.

"Saya memberi tahu orang-orang yang mengonsumsi yogurt untuk probiotik untuk beralih ke kefir. Kefir mengandung lebih banyak jenis bakteri baik yang lebih banyak daripada yogurt," kata Dawn Jackson-Blatner, ahli diet terdaftar yang berbasis di Chicago.

Air lemon

Lemon bisa menjadi pengganti kopi yang sempurna di pagi hari. Autumn Bates, seorang ahli gizi klinis bersertifikat, mengatakan bahwa segelas air lemon pertama di pagi hari adalah minuman terbaik untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang semalam.

Dia juga menjelaskan bagaimana menyiapkanya, yakni masukkan setidaknya setengah hingga delapan lemon pada 10 ons air hangat. Ini memastikan Anda mendapatkan jumlah vitamin C dan polifenol yang cukup untuk memberi Anda sistem kekebalan dan meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Smoothie

Meskipun smoothie sangat mampu menjadi pilihan minuman yang sehat, namun itu sangat tergantung pada bagaimana Anda menyiapkannya.

Pertama, hindari menggunakan terlalu banyak buah karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebaliknya, batasi diri Anda untuk menggunakan satu buah per smoothie dan gunakan lebih banyak sayuran hijau sebagai gantinya. Bayam, bit hijau, kale, bisa menjadi pilihan.

Ahli diet juga merekomendasikan memasukkan protein berkualitas baik dalam smoothie Anda, seperti yogurt, susu rendah lemak, atau bubuk protein bagi mereka yang mengikuti diet vegan. Lemak sehat seperti alpukat juga membantu dalam memberikan rasa kenyang untuk memulai hari.

Sumber : Antara