Orang dengan Sikap Beracun Ada di Sekitar Anda, Ini Cara Menghindarinya

Ilustrasi hubungan - Reuters
05 Desember 2018 11:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Orang dengan sikap beracun alias toxic people ada di sekitar Anda. Mereka biasanya bikin lelah secara emosional. Perilakunya manipulatif dan penuh kebohongan.  Apabila Anda tidak berhati-hati, mereka dapat mengintimidasi bahkan menghancurkan hidup Anda.

Untuk menghadapi orang beracun membutuhkan mental dan stratagi yang bijkasana. Jangan biarkan orang beracun menguasai hdaan menekan hidup Anda. Ini cara menghindari orang dengan sikap beracun seperti dilansir psychologytoday.com:

Atur jarak dan komunikasi

Jika di sekitar Anda terdapat beberapa orang beracun, lebih baik mengatur jarak dan membatasi komunikasi dengan mereka. Tidak harus memutuskaan hubungan, tetapi berikan batasan ketika berhadapan dengannya.

Tidak terlibat secara emosional

Apabila Anda harus bertemu dengan orang beracun karena terjebak dalam pekerjaan atau hubungan keluarga, sebaiknya batasi pikiran dan perasaan Anda untuk terlibat lebih jauh dengan dia.

Batasi energi emosional yang Anda berikan ketika hidup dengan mereka. Tidak perlu terlalu terbuka akan kehidupan Anda dengannya.

Kontrol diri sendiri, bukan orang lain

Anda mungkin memiliki banyak harapan agar orang-orang yang beracun tersebut berubah dengan kendali Anda. Tak perlu melakukan itu. Upayakan untuk merespons mereka dengan bijaksana ketimbang berusaha untuk mengubah mereka.

Konsisten dengan keputusan Anda

Ketika Anda telah memutuskan untuk tidak terlibat jauh dengan orang beracun, konsistenlah dengan keputusan itu. Jangan tergugah dan memaklumi perbuatan orang beracun yang merugikan hidup Anda.

Kendalikan pikiran

Memikirkan keburukan atau perilaku jelek yang dilakukan orang beracun akan membuat Anda semakin jengkel. “Huh, dia sangat menyebalkan!”, “Dia selalu merusak hariku,” misalnya.

Ketika Anda mendapati diri Anda berpikir destruktif, segera hentikan! Jangan izinkan pikiran Anda memikirkan hal-hal buruk yang dapat merusak suasana hati.

Utamakan kesehatan tubuh dan jiwa

Walaupun Anda sudah membuat batasan yang baik dengan orang beracun, mereka bisa saja masih menguras energi Anda. Karena itu penting untuk mempelajari cara agar pikiran dan tubuh Anda tetap sehat dan bahagia. Misalnya dengan menjalani setiap hari dengan penuh rasa syukur atau mempelajari cara menenangkan hati dan pikiran melalui meditasi.

Tetap teguh memegang prinsip dan nilai

Ketika orang beracun membuat Anda sangat kewalahan, tidak mengapa untuk memutuskan hubungan dengannya. Anda bukanlah orang yang kejam ketika melakukan itu.

Demi kesehatan mental Anda sah-sah saja mengundurkan diri dari pekerjaan yang di dalamnya terdapat banyak orang beracun. Anda tidak bersalah dalam hal ini.  Intinya, ketika menghadapi orang beracun, selalu prioritaskan diri Anda.

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia