Advertisement

Ini Penyebab Kecemasan Sosial dan Cara Melawannya

newswire
Kamis, 06 Desember 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Ini Penyebab Kecemasan Sosial dan Cara Melawannya Ilustrasi cemas - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kecemasan sosial harus diwaspadai.  Menurut psikolog klinis di Denver, David Shanley, PsyD, seperti dilansir laman Health, jika sebagai anak-anak Anda memiliki interaksi positif dengan anak-anak lain, Anda mungkin lebih terbuka dengan orang-orang dan lebih kecil berisiko mengembangkan gangguan kecemasan sosial. 

Namun, seorang anak yang secara alami pemalu, mengalami kesulitan bersahabat dengan seseorang sejak dini, atau yang orangtuanya memanjakan kebiasaannya mengisolasi diri di kamarnya dan melewatkan kegiatan sosial mungkin berisiko lebih besar mengalami gangguan kecemasan sosial.

Advertisement

Shanley mencatat, untuk orang dewasa dengan gangguan kecemasan sosial, memulai kehidupan di kota baru atau pekerjaan baru bisa saja sulit. Tentu saja, situasi setiap orang berbeda.

"Beberapa orang mungkin memiliki beberapa teman dekat, beberapa tidak memiliki teman dekat, dan beberapa mungkin memiliki kenalan tetapi mengalami kesulitan untuk dekat dengan kenalannya," kata dia belum lama ini.

Sebagian Anda mungkin pernah merasa canggung saat bertemu dan berbincang dengan orang asing atau tak dikenal. Ini memang bukan masalah besar, namun waspadailah jika hal ini berkembang hingga membuat Anda tak ikut liburan bersama rekan-rekan, misalnya.

Profesor psikologi dari Universitas Nebraska-Lincoln, Debra Hope, PhD, seperti dilansir laman Health.com dikutip Selasa, pekan lalu mengatakan kondisi yang bisa disebut kecemasan sosial.

Bukan hanya membuat Anda mengorbankan hubungan pribadi, kecemasan semacam ini dapat menghambat karier Anda atau bahkan membuat Anda depresi atau menyalahgunakan alkohol.

Dia menyarankan Anda yang mengalami kecemasan sosial melawannya. Walau memang ini tak mudah.

Contoh Melawan

Pikirkan saja, bagaimana jika Anda harus bertemu calon mertua untuk pertama kalinya atau wawancara kerja yang penting. Pertemuan sosial semacam ini dapat membuat cemas.

Kebanyakan orang menemukan cara untuk melawan cemas mereka, seperti mendapatkan ekstra waktu istirahat, menghindari kafein pada hari H atau mendengarkan lagu favorit untuk menenangkan diri mereka sebelum menghadapi situasi yang membuatnya cemas.

Ketika strategi ini gagal, ketika kecemasan sosial mengganggu kehidupan sehari-hari (mungkin Anda menolak wawancara kerja, atau Anda terlalu takut untuk berkencan karena Anda khawatir Anda akan merusak percakapan makan malam),  maka ini menjadi masalah klinis.

Pedoman Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental mendefinisikan kecemasan sosial sebagai ketakutan atau kecemasan yang signifikan dalam situasi sosial dan berlangsung selama enam bulan atau lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement