Advertisement

Waspadai Endometriosis, Ini Gejalanya

Newswire
Sabtu, 08 Desember 2018 - 11:35 WIB
Maya Herawati
Waspadai Endometriosis, Ini Gejalanya Ilustrasi menstruasi - ist/Independent

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Kaum perempuan diminta mewaspadai adanya endometriosis di dalam tubuh yang dapat berdampak pada kesuburan.

Konsultan obstetri dan ginekologi subspesialisasi fertilitas Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk (SHKJ) Dr med Ferdhy Suryadi Suwandinata SpOG (K-Fer) mengatakan gejala awal yang paling umum dialami adalah nyeri berlebihan pada saat menstruasi, atau merasakan nyeri saat berhubungan suami istri.

Advertisement

Endometriosis merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh jaringan endometrium yang letaknya tidak beraturan, bisa berada di ovarium, dinding luar rahim, vagina, dan lainnya.

Rasa nyeri saat berhubungan suami istri tersebut, dikarenakan endometriosis tumbuh di sekitar vagina atau di sekitar leher rahim. Akibatnya merasa nyeri saat tersentuh. Untuk mengatasinya, Ferdhy menyebutkan ada beberapa metode, yakni bisa melalui pembedahan dan induksi ovulasi.

"Untuk pembedahan, disarankan untuk yang sudah memiliki keturunan, karena dikhawatirkan proses ini akan menyebabkan kerusakan pada indung telur," ujarnya, belum lama ini.

Sementara untuk induksi ovulasi, kista tidak dibuang. Dokter hanya memberikan tekanan agar endometriosis tidak bertambah parah. Metode itu disarankan bagi perempuan yang masih ingin memiliki keturunan.

Menurut dia, endometriosis merupakan salah satu gangguan kesuburan yang terjadi pada perempuan.

Gangguan kesuburan lainnya, seperti faktor hormonal, gangguan pematangan sel telur, miom, kista, tumor, bahkan kanker. Untuk penanganan gangguan karena faktor hormonal atau masalah pematangan sel telur, kata dia, bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan.

Sementara untuk kasus endometriosis, miom, kista, tumor, dan kanker, kata dia, bisa dilakukan pembedahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement