Advertisement

Anda Bisa Lebih Berbahagia di Tempat Kerja, Ini Caranya

Tika Anggreni Purba
Senin, 10 Desember 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Anda Bisa Lebih Berbahagia di Tempat Kerja, Ini Caranya Ilustrasi bekerja - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anda bekerja mencari uang dan merasa tidak bahagia di tempat kerja. Tujuan utama Anda hanya melulu gaji. Kerap kali bahkan Anda ingin keluar dari pekerjana tetapi tak bisa karena butuh uang.

Menurut laporan 2017 Teem Employee Happiness Survey pada 1.700 pekerja di Amerika Serikat, 48% di antaranya dilaporkan tidak bahagia di tempat kerja. Faktornya beragam, mulai dari problem dengan atasan, rekan kerja, bahkan isu personal.

Advertisement

Padahal sebenarnya Anda perlu menciptakan sendiri rasa bahagia itu, bukan tergantung orang lain. Berikut ini tipsnya seperti dilansir Businessinsider.com belum lama ini:

Utamakan perkembangan karier Anda secara profesional

Sama seperti berbagai pengalaman hidup lainya, berbahagia di tempat kerja diawali dengan cara pandang Anda terhadap pekerjaan. Dalam bekerja, pastikan pengembangan karier Anda secara profesional menjadi yang utama, misalnya dengan mengambil kelas tambahan untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Cari tahu hal apa yang bisa memotivasi Anda

Banyak orang yang tidak bahagia dalam pekerjaannya karena dia kehilangan motivasi dalam bekerja. Jika Anda ingin bahagia saat bekerja, cobalah untuk mencari kebahagiaan dan motivasi Anda dalam bekerja.

Bekerja dengan seimbang

Perhatikan bagaimana cara Anda bekerja, apakah seimbang antara produktivitas dengan tidak produktif. Kalau di antara keduanya terdapat ketidakseimbangan, ubahlah hal tersebut.

Beristirahat 10-15 menit

Ketika bekerja, ambil waktu 10-15 menit untuk diri sendiri, seperti meditasi, berjalan menghirup udara segar sejenak, olahraga peregangan, mendengar musik, dan sebagainya. Izinkan diri Anda beristirahat agar Anda merasa lebih bergairah dalam bekerja.

Berhenti membandingkan

Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain terkait dengan pencapaian dan pujian yang dimiliki orang lain.

Ingatkan diri Anda tentang alasan bekerja

Saat bekerja, ingatkan diri Anda tentang motivasi dan alasan Anda pertama kali bekerja di tempat itu. Hal ini akan membuat Anda ingin bangkit dalam bekerja.

Istirahat dan bekerja harus seimbang

Untuk selalu penuh energi, produktif, dan lebih bahagia pastikan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan istirahat. Prioritaskan tidur, hidrasi, nurtrisi, dan olahraga.

Jangan aktif 24/7

Selain dari masalah urgen, pekerja tidak bisa dipaksa untuk aktif 24 jam. Anda tidak perlu merasa harus aktif selama itu untuk dianggap menjadi pekerja yang baik.

Bangun jaringan

Hubungan pertemanan, mentor, dan jaringan lainnya dapat terbangun melalui pekerjaan. Ingatlah untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja atau jejaring lainnya dalam pekerjaan.

Lakukan kebaikan

Untuk menjadi lebih bahagia di tempat kerja, terapkan nilai-nilai kebaikan saat bekerja. Ambil contoh, cobalah bekerja dengan motivasi yang positif, berbuat baik, bekerja keras, dan jadi teladan yang baik dalam pekerjaan.

Batasi waktu dengan rekan kerja yang negatif

Kadang-kadang ada rekan kerja yang hobi menggosip atau malas-malasan di kantor. Hindari orang-orang seperti ini dan bertemanlah dengan orang-orang yang positif.

Sering berbicara dengan bos

Berbicaralah dengan atasan Anda secara rutin. Memang, hal ini terasa tidak nyaman pada awalnya, tetapi mengobrol dengan bos akan membantu Anda untuk melihat kesempatan ataupun kelemahan yang perlu diperbaiki dalam diri Anda.

Tidak ada yang benar, tidak ada yang salah

Lepaskan ego Anda ketika bekerja, tunjukkan kesabaran dan hargailah orang lain khususnya mereka yang memiliki pikiran dan cara pandang yang berbeda dengan Anda. Dia belum tentu benar, dan Anda belum tentu salah. Dalam bekerja saling pengertian sangat dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Bussines Insider

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement