Advertisement

Kubis dan Brokoli Bisa Mengurangi Risiko Kanker Usus

Newswire
Kamis, 13 Desember 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Kubis dan Brokoli Bisa Mengurangi Risiko Kanker Usus Ilustrasi sayuran - ist/genetic

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ada tiga jenis sayuran yang bisa membantu mengurangi risiko kanker usus. Hal ini diungkap peneliti dari Francis Crick Institute, London yang menyebutkan ada tiga sayuran yaitu brokoli, kale dan kubis.

Dalam jurnal Immunity, peneliti menemukan bahwa sayuran-sayuran itu mengandung bahan kimia anti-kanker ketika dicerna tubuh.

Advertisement

Zat kimia yang dikenal sebagai Indole-3-carbinol diproduksi ketika Anda mengunyah sayuran ini. Asam di dalam lambung menyebabkan perubahan bahan kimia yang kemudian membantu dalam mengendalikan sel-sel induk yang menghasilkan lapisan usus. "Pastikan sayuran ini tidak dimasak terlalu matang," kata Dr Gitta Stockinger seperti dilansir Indian Express belum lama ini.

Sama seperti kulit, permukaan usus juga secara konstan beregenerasi. Prosesnya memakan waktu empat hingga lima hari. Namun, proses ini perlu dipantau dan dikendalikan karena dapat menyebabkan peradangan usus atau kanker.

Berdasaran studi, tikus-tikus yang menjadi bahan percobaan terlindungi dari kanker ketika mereka diberi diet tinggi di indole-3-carbinol. Tanpa diberi indole-3-carbinol ini, sel-sel usus terbagi tak terkendali sehingga meningkatkan risiko kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Apdesi Ingatkan Agar Lurah Tetap Netral dalam Pilkada 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Agresi Israel, Penduduk Gaza Diperkirakan Krisis Pangan dalam Enam Pekan Lagi

News
| Kamis, 25 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement