Advertisement

PARENTING: Waspadalah, Ini Dampak Tontonan Horor bagi Anak-Anak

Newswire
Senin, 07 Januari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Waspadalah, Ini Dampak Tontonan Horor bagi Anak-Anak Ilustrasi anak-anak menonton film horor - ist/thougtco

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—c

Seperti dilansir Livestrong dan WebMD belum lama ini, anak kecil dan remaja juga bisa terkena efek negatif akibat menonton film horror. Meski mereka mungkin belum mengerti suatu adegan dalam film, tapi akibatnya bisa berjangka panjang. Berikut ini daftarnya:

Advertisement

Gangguan tidur

Tidak jarang sehabis menonton film horror, baik dewasa maupun anak-anak akan merasa ketakutan. Serignkali mereka membayangkan hal menyeramkan seperti hantu, bayang-bayang ketika menutup mata, bahkan mimpi buruk. Ini bukanlah masalah ringan, sebab bisa saja mereka menderita berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan menahun.

Cobalah minimalkan tontonan horror pada anak dan biarkan mereka tenang. Atasi gangguan tidur pada anak dengan memberikannya boneka favorit. Jika cara ini tidak berhasil, sebaiknya hubungi terapis ahli.

Sering cemas

Menurut teori perkembangan Swiss, Jean Piaget, perkembangan kognitif didasarkan pada skema atau cara memahami sesuatu. Ketika tumbuh dan belajar, skema mereka berubah. Banyak anak dan remaja belum siap untuk menempatkan film horor dalam perspektif., yang menyebabkan mereka gelisah atau menderita fobia. Mereka juga belum bisa membedakan antara fantasi dan kenyataan.

Katarsis simbolik

Meskipun tersisa risiko efek negatifnya, film horor juga memiliki peran penting dalam proses perkembangan anak. Efek jangka panjang menonton film horor bagi anak bisa berdampak pada pola pikirnya. Sebab, anak-anak masih ingin terus mengeksplorasi diri mereka terhadap apa yang ditonton. Mereka juga terus terdorong akan rasa takutnya ke tingkatan yang lebih parah. Meskipun secara usia mereka belum mengerti, tapi berbagai adegan yang muncul bisa memengaruhinya.

Agresi dan kekerasan

Selain musik, video game, film dapat menampilkan perilaku kekerasan. Anak kecil umumnya meniru kelakuan dari yang dilihatnya. Kekerasan grafik bercampur dengan adegan dewasa juga bisa mengganggu pikiran anak.

Menurut WebMD, film-film sadis berpotensi merusak kepekaan anak terhadap kekerasan di kehidupan nyata. Kelompok pengawas Common Sense Media menyarankan untuk menghindari tontonan yang sifatnya demikian sampai berusia 16 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement