Advertisement

Awas, Terlalu Lama Menatap Layar Ponsel Bisa Picu Kebutaan

Newswire
Senin, 14 Januari 2019 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Awas, Terlalu Lama Menatap Layar Ponsel Bisa Picu Kebutaan Ilustrasi smartphone - Ist

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA- Semakin banyak aplikasi yang bisa diakses menggunakan telepon selular membuat manusia semakin bergantung pada alat komunikasi canggih ini.

Tak heran, orang semakin lama menghabiskan waktu mereka dengan menatap layar ponselnya untuk mengirim pesan kepada teman-teman, mengejar berita, membaca buku, dan bekerja. Tapi apakah Anda tahu bahwa cahaya layar ponsel itu berbahaya untuk kesehatan mata?

Advertisement

Melansir dari Hello Magazine, Senin (14/01/2019). Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh para ilmuan Unversity of Teledo di Amerika, mengungkapkan bahwa cahaya biru dari perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, hingga tablet dapat merusak mata Anda.

Hal yang menakukannya lagi bahwa cahaya tertentu dapat menyebabkan sel-sel fotoreseptor di retina mati, atau dikenal sebagai degenerasi makula yang menyebabkan kebutaan loh.

Menurut Dr. Ajith Karunarathne, asisten profesor di Departemen Kimia dan Biokimia UT, Unversity of Teledo , "Kami terpapar cahaya biru terus menerus, kornea mata dan lensa tidak dapat menghalangi atau memantulkannya. Cahaya biru pada perangkat tersebut dapat merusak penglihatan kita dengan merusak retina mata. Eksperimen kami menjelaskan bagaimana ini terjadi, dan kami berharap ini mengarah pada terapi yang memperlambat degenerasi makula, seperti jenis baru tetes mata."

Namun, para ilmuwan menemukan bahwa paparan cahaya biru pada layar seperti ponsel menyebabkan retina rusak dan memicu reaksi yang menghasilkan molekul kimia beracun dalam sel fotoreseptor. Pada dasarnya, cahaya biru membuat retina membunuh sel fotoreseptor yang kita butuhkan untuk penglihatan dan bahkan lebih mengkhawatirkannya lagi, sel tersebut tidak dapat beregenerasi.

Jangan khawatir, para peneliti telah menemukan bahwa molekul 'alpha tocopherol' yang berasal dari vitamin E, dapat mencegah kematian sel. Dr John Payton, asisten profesor tamu di Departemen Kimia dan Biokimia UT, mengatakan, "Jika Anda melihat jumlah cahaya yang keluar dari ponsel Anda, itu tidak bagus tetapi tampaknya dapat ditoleransi. Beberapa perusahaan telepon seluler menambahkan filter cahaya biru ke layar, dan saya pikir itu ide yang bagus. "

Ajith Karunarathne memiliki beberapa saran lebih lanjut untuk melindungi mata Anda dari cahaya biru pada ponsel. Dia menyarankan memakai kacamata hitam untuk menyaring sinar UV dan cahaya biru di luar dan mencoba untuk tidak melihat layar dalam gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement