Advertisement

Timbunan Limbah Plastik Membuat Kesehatan Manusia Terganggu

Iim Fathimah Timorria
Kamis, 17 Januari 2019 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Timbunan Limbah Plastik Membuat Kesehatan Manusia Terganggu Limbah plastik - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Limbah plastik yang sulit diurai dapat mengakibatkan penimbunan limbah. Selain berimbas pada lingkungan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Direktur Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan Imran Agus Nurali mengatakan limbah plastik yang sulit terurai mengakibatkan penimbunan limbah, penyumbatan saluran air, dan berujung pada banjir yang mencemari lingkungan.

Advertisement

“Berikutnya, ia [plastik] akan mempengaruhi kesehatan tubuh manusia kalau tertimbun di tanah atau air. Timbunan itu akan memunculkan pecahan-pecahan limbah plastik yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia jika air itu dikonsumsi,” kata Imran di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Selain berdampak pada kesehatan manusian, Imran menjelaskan kondisi tersebut berdampak pula pada tanaman di darat dan biota laut. Pasalnya, mikroplastik yang terkandung di dalam air akan langsung masuk ke dalam organ tubuh ikan dan membuat ikan tersebut tidak bertahan hidup lama.

Lebih lanjut, mikroplastik yang terkandung dalam ikan juga akan membahayakan manusia apabila dikonsumsi. Zat hasil uraian plastik tersebut juga berpotensi mengganggu sistem pernapasan.

“Kemudian kalau dia (mikroplastik) kena panas matahari atau terbakar itupun berbahaya bagi pernapasan. Kalau dibakar saja dia bisa menghasilkan zat karbon monoksida yang bahaya untuk kesehatan,” ujar Imran.

Kendati demikian, Imran memaparkan Kemenkes belum mengetahui ambang batas kandungan mikroplastik yang dapat membahayakan makhluk hidup lantaran belum ada kajiannya. Guna menanggulangi hal tersebut, Imran mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik.

“Sebenarnya yang lebih diutamakan kita membatasi penggunaan plastik seperti di ritel atau warung-watrung. Kalau bisa dibatasi, kita gunakan tas belanja sendiri supaya tidak menambah produksi plastik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement