Advertisement

Menjaga Kulit Wajah agar Tetap Sehat, Ini Tipsnya

Ayuhana Santi
Jum'at, 18 Januari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Menjaga Kulit Wajah agar Tetap Sehat, Ini Tipsnya Ilustrasi - Dermclinics

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wajah yang sehat menjadi dambaan bagi semua orang, pria maupun wanita. Wajah yang sehat tecermin dari kulit wajah yang lembut, bersih dan berkilau.

Masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit kusam, komedo, tidak akan terjadi jika kita menjaga kesehatan kulit dengan baik. Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan kulit wajah, supaya tidak berminyak dan tidak kering?

Advertisement

Bisa dimulai dengan mencuci wajah secara teratur. Bagi yang tinggal di negara tropis, hal tersebut sangat penting dilakukan sebagai langkah awal. Menurut dermatologis dr Armansjah Dara Sjahruddin pada acara Jakartaxbeauty 2018, disarankan mencuci wajah pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Mencuci wajah sebaiknya dilakukan saat tiba di rumah setelah melakukan aktivitas di luar rumah, dan pada malam hari sebelum tidur.

Bagi mereka yang tinggal di negara tropis kerap mengalami masalah wajah berminyak. Minyak yang ada di wajah pun kerap berlebihan, dari kelebihan minyak tersebut bisa menimbulkan tumbuhnya komedo pada wajah.

Belum lagi masalah bakteri dari debu yang berkembang di wajah akibat polusi lingkungan. Inilah yang bisa menyebkan timbulnya jerawat.

Di sisi lain aktivitas yang juga dilakukan langsung berhadapan dengan paparan sinar matahari dapat merusak jaringan kulit pada wajah. Dengan mencuci wajah tiga kali sehari kita sudah menjaga kelembapan kulit wajah.

Tinggal di daerah tropis juga tak menutup kemungkinan kulit wajah kering.

Dara menjelaskan bagi mereka yang kulit wajahnya kering tidak masalah bila mencuci wajah tiga kali sehari dengan produk yang diperuntukkan bagi wajah yang memiliki tipe kulit kering.

Mencuci wajah juga merupakan cara mencegah jerawat. Sepadat apapun aktivitas yang dilakukan, ujarnya, harus tetap mencuci wajah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement