Gagal Diterima Kerja? Ini Yang Harus Anda Lakukan

27 Juni 2013 15:03 WIB Lifestyle Share :

 

[caption id="attachment_420391" align="alignleft" width="300"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/27/gagal-diterima-kerja-ini-yang-harus-anda-lakukan-420390/wawancara-kerja-6" rel="attachment wp-att-420391">http://images.harianjogja.com/2013/06/Wawancara-kerja1.jpg" alt="" width="300" height="199" /> Ilustrasi.dok[/caption]

JAKARTA-Kegagalan dalam melamar kerja adalah hal wajar yang kita alami. Tetapi gagal diterima bekerja bukanlah akhir dari segalanya. Daripada terus-menerus merasa sakit hati dan kecewa, lebih baik coba lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Redam Emosi

Ketika mengetahui bahwa Anda tidak diterima di kantor yang didambakan, janganlah langsung emosi yang pada akhirnya membuat Anda marah dan semakin kecewa. Hal ini justru hanya akan membuang tenaga dan merugikan diri sendiri. Cobalah redam emosi Anda dan yakinkan diri sendiri bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan di tempat lain yang lebih baik.

2. Berterima Kasih

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan saat ditolak perusahaan adalah mengucapkan terima kasih kepada pewawancara. Perlu diingat, ucaplah secara tulus dan sopan untuk menunjukkan profesionalitas Anda.

3. Minta Saran

Ada baiknya Anda meminta saran pada pihak perusahaan yang menolak Anda mengenai kriteria kandidat seperti apa yang bisa diterima di kantor tersebut. Sebab, ini akan menjadi pelajaran untuk Anda ke depannya jika ingin mlamar di perusahaan yang lainnya.

4. Tetap Jaga Komunikasi

Meskipun merasa sakit hati karena ditolak untuk bekerja di kantor tersebut, Anda juga tetap harus bisa menjaga komunikasi dengan pihak perusahaan. Hal ini bisa menambah jaringan untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan baru nantinya. Siapa tahu ketika ada lowongan lagi, Anda bisa diterima.