Advertisement

TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo...

Redaksi Solopos
Rabu, 13 Agustus 2014 - 03:42 WIB
Laila Rochmatin
TIPS HIDUP SEHAT: Jalan Kaki Bikin Langsing Lo... Illustrasi berjalan tanpa alas kaki (magforwomen.com)

Advertisement

 

Harianjogja.com, JOGJA – Jika Anda ingin memiliki tubuh langsing, tidak perlu diet dengan cara yang aneh-aneh. Apalagi dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang bisa merusak ginjal.

 

Ada cara yang lebih murah untuk memiliki tubuh langsing. Anda cukup jalan-jalan setiap hari. Murah bukan?

 

Jalan kaki bukanlah sekadar rutinitas harian tapi juga merupakan latihan kardiovaskular yang memicu jantung dan membakar banyak kalori. Selain itu jalan kaki juga bisa mencegah osteoporosis, membantu meningkatkan kesehatan tulang dan menghilangkan stres.

 

Ini dia langkah-langkah jalan kaki yang baik:

 

1. Lakukan Stretching

Advertisement

Regangkan otot Anda sebelum dan setelah berjalan kaki. Otot seperti otot betis, paha depan dan paha belakang harus lentur sambil berjalan. Perengangan membantu mempermudah tubuh saat bergerak dan mencegah cedera setelah beraktivitas. Latihan peregangan sederhana idealnya dilakukan selama 10-15 menit.

 

2. Latih Kekuatan Otot

Advertisement

Perkuat otot betis Anda dengan melakukan latihan beban. Hal ini dapat mencegah cedera saat berjalan. Lakukanlah latihan seperti meletakkan beban pada tumit, squat kuartal, dan gerakan menekuk lutut. Otot yang kuat juga dapat mencegah penurunan fungsi sendi.

 

3. Kecepatan Berjalan

Kecepatan optimum saat berjalan diperlukan untuk mengurangi berat badan. Banyak orang yang tidak berhasil menurunkan berat badannya saat berjalan karena mereka salah menerapkan teknik berjalannya. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, berjalan dengan cepat dengan intensitas yang tepat, bukan sekadar berjalan kaki. Jika Anda mulai merasa lelah, jangan dipaksakan, kurangilah kecepatan sambil berjalan ringan.

Advertisement

 

4. Perhatikan Gaya Berjalan

Gaya berjalan penting dilakukan agar olahraga lebih efisien dan bebas cedera saat melangkah. Berjalan yang benar adalah ketika tumit menyentuh tanah, diikuti dengan langkah kaki lainnya sebelum kaki sebelumnya meninggalkan tanah. Tubuh harus tegak tanpa membungkuk dan lengan harus berayun bersama dengan langkah Anda.

Advertisement

 

5. Pilih Sepatu yang Tepat

Sepatu adalah faktor penting yang harus diperhatikan untuk menghindari cedera saat berjalan. Sepatu yang baik adalah sepatu yang nyaman saat digunakan ketika berolahraga dan tidak menyebabkan cedera lutut atau pun masalah punggung. Pilihlah jenis sepatu yang dirancang khusus untuk pejalan kaki.

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Pedagang Stasiun Wates Tagih Janji PT KAI yang Akan Buatkan Kios

Kulonprogo
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 09:47 WIB

Advertisement

alt

KPK Amankan 23 Orang dalam OTT Bupati Pemalang

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement