Advertisement

Ini Karakteristik Material Bangunan untuk Dinding

Senin, 01 Desember 2014 - 01:15 WIB
Nina Atmasari
Ini Karakteristik Material Bangunan untuk Dinding

Advertisement

Sebelum menentukan material apa yang sebaiknya dipakai untuk membuat dinding rumah, sebaiknya kenali lebih dalam bagaimana fungsi dan karakteristiknya. Berikut beberapa karakteristik material bangunan untuk dinding, diolah oleh wartawan Harianjogja.com Rina Wijayanti.

* Bata merah terbuat dari tanah liat dan dibakar dengan suhu tinggi. Dinding bata merah dapat ditutup dengan plester untuk pengerjaan pengecatan ataupun dapat dibiarkan terbuka untuk mengekspos warna dan tekstur bata tersebut. Dinding bata merah relatif anti bocor dan rembes. Dinding bata merah ini juga kuat dan tahan lama namun pengerjaan dinding bata merah ini memakan waktu yang cukup lama sehingga biayanya pun jadi relatif mahal.

Advertisement

* Batako berasal dari kata bata kosong karena kebanyakan batako memiliki rongga ditengahnya yang timbul karena proses pengepresan bisa juga untuk menghemat bahan. Batako memiliki dua jenis, yakni batako putih yang terbuat dari kapur dan air lalu dibakar dan batako press, campuran semen PC, pasir dan abu batu lalu di press. Material ini relatif berpotensi terjadi rembesan dan retak karena terdapat rongga di dalamnya.

* Bata ringan berukuran besar dan mudah dipotong, sehingga meminimalkan contruction waste. Pada proses pemasangan dan aci, sama sekali tidak memerlukan pasir. Bata jenis ini memiliki bobot yang ringan sesuai namanya, sehingga jauh mengurangi beban pada konstruksi bangunan. Kekurangan dari bata ringan ialah, memiliki ukuran yang presisi, sehingga diperlukan tukang dengan keahlian khusus untuk memasanganya, karena apabila asal-asalan, akan membuat kepresisian itu hilang. Bata ringan tidak bisa dipaku karena material bersifat perforated, bila ingin menggantung lukisan atau furnitur di dinding dengan bata ringan, harus menggunakan baut dengan fisher. Tidak kalah pentingnya, harga bata ringan lebih mahal dari bata merah ataupun batako, penjualan biasanya dilakukan dengan hitungan meter kubik atau skala besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement