Advertisement

Pilih Material untuk Dinding Rumah

Senin, 01 Desember 2014 - 00:45 WIB
Nina Atmasari
Pilih Material untuk Dinding Rumah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebelum menentukan material apa yang sebaiknya dipakai untuk membuat dinding rumah, sebaiknya kenali lebih dalam bagaimana fungsi dan karakteristiknya. Berikut tulisan wartawan Harian Jogja Rina Wijayanti.

Terdapat berbagai macam material bangunan yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan dinding rumah. Batu bata, batako, bata ringan. Sebelum menentukan material apa yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda mengenali lebih dalam tentang karakteristik material tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pengajar Desain Interior, Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja, Martino D Nugroho menjelaskan, penting mengenali karakteristik masing-masing material dinding.

Selain akan mencitrakan fungsi dari ruangan yang akan dibangun, mengenali karakteristik material dinding juga akan mempermudah melakukan perawatan.

“Rumah itu sifatnya sangat personal, untuk memilih material dinding juga banyak pertimbangannya, misalnya untuk ruangan apa, dihuni oleh anak-anak atau orangtua sampai bagaimana kerumitan treatmennya,” kata Martino kepada Harian Jogja belum lama ini.

Martino mencontohkan, material dinding dari bahan ekspos akan lebih cocok untuk membuat dinding ruang tamu maupun ruang keluarga. Sementara untuk kamar tidur dinilainya lebih baik dibuat tembok polos.

“Material ekspos memiliki karakter bertekstur, menampilkan nuansa alam, tapi membutuhkan treatmen yang berbeda dengan tembok polos,” tandasnya.

Keawetan dinding rumah tidak saja berhenti pada pengenalan materialnya saja. Martino menambahkan, perlunya memperhatikan aspek pendukung seperti bagaiamana memilih pelapis yang sesuai. “Keawetan dinding juga tergantung pada bagaimana memilih cat, dan acian yang digunakan,” katanya.

Advertisement

Di samping mengenali fungsi dan kegunaannya, efisiensi harga juga menjadi pertimbangan penting. Muhammad Irfan, 37, warga Wirobrajan, Jogja, mengaku lebih memilih menggunakan bata merah sebagai material dinding rumahnya.

Irfan memilih batu merah dengan alasan lebih kuat. Dia sadar menggunakan bata merah lebih boros, baik dalam harga maupun kebutuhan semen sebagai perekat.

“Kalau sekarang lebih banyak pada pakai batako, tapi saya lebih memilih batu merah, karena saya pikir lebih awet meskipun sedikit lebih mahal,” kata Irfan.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pura-Pura Jadi Pembeli, Pria Ini Sikat HP di Sejumlah Warung di Bantul

Bantul
| Rabu, 30 November 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement