Advertisement

TIPS KESEHATAN : 4 Cangkir Kopi Halau Melanoma

Mediani Dyah Natalia
Jum'at, 23 Januari 2015 - 04:40 WIB
Mediani Dyah Natalia
TIPS KESEHATAN : 4 Cangkir Kopi Halau Melanoma Ilustrasi minuman kopi

Advertisement

Tips kesehatan kali ini mengenai manfaat kopi mencegah kanker kulit maupun melanoma. Kendati demikian, riset ini masih menjadi pro dan kontra.

Harianjogja.com, AMERIKA-Secangkir kopi sehari dapat mencegah sakit kanker kulit. Sementara empat cangkir kopi efektif menghalau melanoma, tumor ganas yang banyak ditemukan di kulit, tetapi juga dapat menyerang usus dan mata.

Advertisement

Jika menyerang kulit, biasanya melanoma ditandai dengan keberadaan sebuah tahi lalat. Lama kelamaan, tahi lalat ini akan menyebar ketika terpapar sinar matahari.

Peneliti dari Departemen Penelitian Kesehatan Amerika Serikat (AS) meneliti sebanyak 450.000 laki-laki dan perempuan dalam satu dekade. Rata-rata partisipan berusia 63 tahun. Awalnya, sukarelawan ini dinyatakan bebas dari serangan melanoma. Di saat terakhir, hampir 3.000 orang didiagnisa dengan kanker kulit.

Bagi responden yang minum kopi, sekitar 90% dari grup justru terhindar dari penyakit itu. Semakin banyak kopi yang diminum, semakin kecil risiko terpapar penyakit itu. Riset ini dipublikasikan peneliti di Journal of the National Cancer Institute.

Sementara sukarelawan yang minum kopi kurang dari empat cangkir per hari, risiko terserang penyakit itu berkurang sekitar 20% dibandingkan mereka yang tidak pernah minum. Penelitian sebelumnya menunjukkan kafein dapat membunuh sel-sel yang terpapar UV dan meninggalkan sel-sel yang sehat. Namun faktor-faktor lain seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan seberapa cerah kawasan orang tinggal ikut memberikan andil.

Peneliti juga mempertimbangkan faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehayan, misal merokok, kebiasaan minum alkohol dan seberapa panas lokasi tempat tinggal. Ilmuwan mengatakan riset mereka mengenai kopi masih awal dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun kafein dijamin efektif mencegah kanker kulit.

Mereka mengatakan melanoma adalah tumor yang sangat ganas. Alhasil mengurangi sedikit risiko kanker tersebut berdampak baik bagi kesehatan. Hanya, hubungan antara kesehatan dan ketagihan minum kopi belum dapat dijelaskan.

Pihak terkait menyatakan minum lebih empat kopi per hari dapat meningkatkan tekanan darah. Karena itu, pecinta kopi, teh dan minuman lain yang mengandung kafein harus mewaspadai hal ini.

Jumlah pasien yang mengalami 'serangan' melanoma saat ini meningkat lima kali lipat di banding tahun 1970. Di Inggris, setidaknya ada 13.000 kasus yang ditangani dan lebih dari 2.000 meninggal setiap tahun di Inggris. Menurut penliti hal ini disebabkan peningkatan paket liburan. Sebab, paket liburan saat musim panas atau di daerah yang panas dapat meningkatkan risiko kanker.

Orang yang sudah tua umumnya berisiko terpapar penyakit ini. Ada kemungkinan hal ini disebabkan mereka terlalu lama menghabiskan waktu di luar rumah, sekadar bertanam atau melakukan aktivitas tanpa pakaian.

Sarah William dari Peneliti Kanker di Inggris justru memberikan pernyataan yang bertentangan.

"Minum kopi tidak mencegah risiko melanoma berkembang, tipe kanker kulit yang sangat serius," terang Sarah, seperti dilansir dari Dailymail, Rabu (21/1/2015).

Lebih lanjut dia menyampaikan penelitian ini memiliki banyak kekurangan. Sebab peneliti disebutnya tidak menjelaskan secara detil seberapa sering responden terpapar sinar matahari yang kuat, apa saja proteksi yang mereka siapkan atau seberapa parah kulit mereka terbakar sinar matahari.

"Di bulan Januari, sinar matahari di Inggris tidak terlalu kuat yang dapat mengakibatkan kulit terbakar. Namun jika kamu ingin merasakan sinar matahari saat dingin atau ingin bermain ski, pastikan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang kuat, misal mencari tempat yang teduh, berpakaian yang tertutup dan pakai losion untuk
melindungi kulit dari sinar matahari," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran 2024, 750 Ribu Kendaraan Keluar Masuk Kabupaten Bantul

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Diingatkan untuk Mengelola Isu Perang Iran-Israel dengan Bijak

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement