Advertisement

TIPS KESEHATAN : Segelas Jus Jeruk Bantu Lancarkan Aliran Darah

Mediani Dyah Natalia
Rabu, 02 Maret 2016 - 03:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
TIPS KESEHATAN : Segelas Jus Jeruk Bantu Lancarkan Aliran Darah Jus jeruk (Dailymail)

Advertisement

Tips kesehatan mengenai manfaat jeruk untuk memperlancar aliran darah

Harianjogja.com, INGGRIS-Kabar baik bagi penggemar jeruk, ternyata buah jeruk efektif turunkan risiko stroke maupun sakit lain yang berkaitan dengan peredaran darah tak lancar.

Advertisement

Dilansir dari Dailymail, Senin (29/2/2016), kandungan phytonutrient dalam jeruk yang disebut hesperidin dapat membantu melancarkan peredaran darah, termasuk di area otak.

Menggunakan mesin yang dikenal dengan doppler fluximeter, ilmuwan dapat mengetahui kualitas peredaran darah melalui kulit menggunakan sinar laser.

Ketika alat ini dipasang di tubuh manusia dan memberinya sejumlah hesperidin dalam dua cangkir jus jeruk, diketahui tekanan darah menurun dan secara umum peredaran darah meningkat.

Bila responden meminum jus jeruk tanpa mengolah dengan menonjolkan hesperidin, aliran darah justru menjadi jauh lebih baik. Dengan kata lain, tanpa disarikan menjadi hesperidin, manfaat yang diterima jauh lebih baik.

Ketika berkaitan dengan makanan, mengkonsumsi seluruh bagian jeruk juga memiliki manfaat yang lebih baik.

Dalam sebuah penelitian, ilmuwan merekrut responden yang sensitif terhadap cuaca dingin. Alirannya darahnya menjadi tak lancar saat suhu rendah. Perempuan ini menunjukkan tanda-tanda tangan dan kaki dingin ini ditempatkan di sebuah ruangan dengan penyejuk udara.

Dalam riset ini, terdapat dua kelompok responden, sebagian meminum jeruk yang disarikan hingga mendapatkan phytonutrients sedang yang lainnya minum placebo [minuman beraroma jeruk].

Kelompok yang minum placebo lebih mudah kedinginan. Sebab peredaran darah menjadi tak lancar, suhu di jari mereka turun drastis hingga 13 C.

Sementara kelompok yang minum jus jeruk, lebih dapat menahan rasa dingin. Setengah dari mereka yang tidak minum. Sebab aliran darah mereka lebih stabil.

Ilmuwan juga melakukan percobaan dengan memasukkan tangan ke air es. Dalam penelitian ini diketahui mereka yang minum jus jeruk, 50% lebih cepat pulih daripada yang tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rencana Pemda DIY Setelah TPA Piyungan Ditutup

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement