Advertisement

TIPS KESEHATAN : Bagaimana Cara Mendeteksi Alergi pada Anak?

Abdul Hamied Razak
Kamis, 20 Oktober 2016 - 12:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
TIPS KESEHATAN : Bagaimana Cara Mendeteksi Alergi pada Anak?

Advertisement

Tips kesehatan mengenai penanganan alergi.

Harianjogja.com, SLEMAN -- Tips kesehatan berikut perlu dipahami orang tua saat mendapati anak mengalami alergi. Tanpa penanganan tepat, anak dapat mengalami kekurangan nutrisi (mallnutrisi).

Advertisement

Menurut Sumadiono, dokter spesialis anak RSUP Dr Sardjito, hal pertama yang perlu dilakukan orang tua saat mendapati anak alami alergi adalah mengecek riwayat keluarga. Alergi yang dialami biasanya bersifat genetik. Pada orangtua yang tidak memiliki riwayat alergi, anak tetap memiliki risiko alergi sebesar 5%-15%.

"Pemberian nutrisi yang optimal pada awal kehidupan, dapat mengurangi risiko alergi karena anak dengan alergi dapat berkembang secara optimal dengan didukung nutrisi yang tepat," tuturnya. usai kegiatan edukasi "Tanggap Alergi dengan 3K" yang digelar Sarihusada bekerjasama dengan Departemen Kedokteran Keluarga dan Komunitas FK UGM serta Unit Kerja Koordinasi (UKK) Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Rabu (19/10/2016).

Head of Tailored Nutrition Sarihusada dokter Maria Melisa mengatakan, pihaknya berkomitmen mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk tanggap alergi dengan program 3K (Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan) untuk mengatasi alergi pada anak. Edukasi ini dilakukan baik melalui penyuluhan langsung ataupun informasi di website alergianak.com.

"Kami mendorong setiap orangtua untuk mengingat 3K sebagai pengetahuan untuk mendiagnosa alergi sejak dini," ajak Maria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement