TIPS KESEHATAN : Yoga Efektif Mengurangi Nyeri Haid

05 Desember 2016 08:20 WIB Lifestyle Share :

Tips kesehatan datang dari pakar yoga

Harianjogja.com, JOGJA - Survei yang dilakukan Fronteir menyatakan 62,7% wanita Indonesia mengalami nyeri yang mengganggu pada saat menstruasi sehingga mengganggu aktivitas. Nyeri saat haid sebenarnya bisa dicegah dengan yoga dan mengkonsumsi ramuan-ramuan alami.

Instruktur Yoga Amalina TH menyatakan, pada dasarnya menstruasi diawali pelepasan hormon prostaglandin oleh tubuh yang merangsang kontraksi otot rahim kemudian menyebabkan peluruhan dinding rahim. Selama proses ini muncul berbagai efek pada tubuh, seperti kram atau nyeri perut dan keputihan.

Sementara menurunnya kadar estrogen dan progesteron selama menstruasi juga mempengaruhi kondisi psikis yang ditandai berubah-ubahnya mood. Itu menjadi tiga keluhan pada wanita saat haid yang sangat menggangu aktivitas.

"Melalui beberapa gerakan yoga yang sederhana rasa nyeri yang hebat dapat mereda. Karena prinsipnya yoga itu kan membuat otot-otot menjadi lebih rileks," ujar Amalina pada saat acara Yoga in The Air with Kiranti di Lippo Plazza Jogja, Sabtu (3/12/2016) lalu.

Instruktur yang sudah berpengalaman di bidang yoga selama 15 tahun ini pun memperlihatkan sejumlah gerakan yoga pencegah nyeri haid. Adapun salah satu contoh gerakan yang bisa dilakukan adalah supta baddha konsana.

Gerakan yoga ini dimulai dengan duduk dandasana di atas matras dengan kaki lurus. Kemudian menekuk lutut dan menyatukan telapak kaki di depan pangkal paha. Kedua telapak kaki saling menekan dan sisi luar telapak kaki harus berada di atas matras.

Kemudian lebarkan paha hingga lutut turun ke arah matras, tekan lutut ke arah matras. Selanjutnya, jelas dia, rebahkan punggung mendatar di atas matras secara perlahan. Istirahatkan tubuh di posisi ini selama beberapa menit sambil bernafas normal.

"Pose ini sangat bagus untuk mengurangi kram di daerah perut," paparnya.

Amalina menambahkan, setiap gerakan yoga memiliki efek terapis yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Selain fokus pada pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat seseorang masuk pada fresh moment di mana emosi kembali stabil.

"Dengan segala manfaatnya, yoga sangat disarankan oleh wanita di saat periode menstruasi," imbuhnya.

Sementara itu Head of Corporate and Marketing Communication OT Harianus Zebua mengungkapkan, yoga bersama itu merupakan sebuah kampanye sehat yang dilakukan pihaknya. Kampanye tersebut sudah berlangsung diĀ  Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Rangkaian kampanye Stay Fresh and Healty with Kiranti ditutup di Kota Jogja. Dalam setiap momen ada 150-200 wanita yang diajak berpartisipasi dalam kampanye sehat ini.