Jus Bit Pengangkal Pikun yang Efektif

22 April 2017 00:20 WIB Mediani Dyah Natalia Lifestyle Share :

Tips kesehatan mengenai manfaat ubi bit merah.

Harianjogja.com, JOGJA -- Minum jus ubi bit merah sebelum olahraga membantu menjaga kesehatan otak.

Dailymail pada Rabu (19/4/2017) menulis, kombinasi jus dan olahraga sangat baik bagi otak. Tidak hanya tetap sehat tetapi juga menjaga otak tetap muda sehingga mencegah penurunan fungsi.

Hasil penelitian ini membantu orang yang mengalami kehilangan ingatan atau orang yang memiliki riwayat demensia.

Jus ubi bit merah kaya dengan nitric oxide yang dapat membantu aliran darah ke otak berjalan lancar dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat berolahraga.

Peneliti, Profesor Jack Rejeski menuturkan,"Nitric oxide merupakan molekul yang kuat dan menyasar aera yang hiproxic atau membutuhkan oksigen dan otak, organ tubuh yang membutuhkan pasokan oksigen dalam jumlah besar."

"Dibandingkan dengan hanya berolahraga, menambahkan suplemen jus ubi bit merah untuk olahraga dapat menjaga fungsi otak laiknya saat Anda masih muda," tambahnya.

Ilmuwan dari Wake Forest University, Karolina Utara, riset ini dilakukan terhadap 26 laki-laki dan perempuan berusia 55 tahun ke atas yang tidak berolahraga dan memiliki tekanan darah tinggi.

Beberapa responden mendapat asupan jus ini satu jam sebelum berjalan selama 50 menit atau di treadmill, sedang lainnya melakukan olahraga tanpa mengkonsumsi jus tersebut. Tindakan tersebut dilakukan tiga kali selama 1-6 minggu.

Mereka yang minum jus akan memiliki otak yang lebih sehat, baik saat bergerak, emosi dan fungsi kognitif.

Peneliti juga menemukan level nitrate dan nitrite yang tinggi dari mereka yang minum jus. Ubi bit merah memiliki kandungan nitrate, yang dapat mengubah nitrite dan nitric oxide di tubuh.

Riset serupa juga digelar Queen Mary University, London. Namun lebih menunjukkan jika konsumsi 250 mililiter jus ubi bit merah dapat menurunkan tekanan darah.