Advertisement

Inspiratif! Pemuda Asal Arab Perangi Stigma Terorisme dengan Fashion

newswire
Senin, 02 April 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Inspiratif! Pemuda Asal Arab Perangi Stigma Terorisme dengan Fashion Shukri Lawrence, pendobrak stereotipe di Arab lewat brand fashion miliknya. - The F Thing

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA- Shukri Lawrence namanya. Pemuda asal Timur Tengah ini berani memberontak dari stereotipe di negaranya lewat fashion.

Tak hanya mendobrak kultur Timur Tengah, Shukri juga berbagi dengan sesama melalui brand fashion besutannya. The F Thing menuturkan kisahnya untuk kita.

Kita semua tahu bahwa ada suatu stigma yang telah melekat pada bahasa/tulisan Arab, ini pula yang diungkapkan oleh Shukri. Stigma yang identik dengan terorisme dan hal-hal negatif itulah yang sedang diperangi oleh tRASHY CLOTHING, brand yang dimiliki oleh Shukri.

Berawal dari saat beranjak besar, Shukri harus berhadapan dengan penilaian orang-orang terhadap identitas Arab yang dimilikinya. Penilaian negatif tersebut harus dihadapinya terus menerus, padahal tidak sepenuhnya benar. Orang-orang lebih banyak menilai berdasarkan potret budaya yang ditayangkan di TV, berbagai media, atau apa yang terlihat di depan mata.

Dengan tekad besar ingin melunturkan potret kultur dan bahasa Arab yang seringkali dianggap sebagai terorisme, Shukri mulai ‘menyelundupkan’ pakaian-pakaian dari merek terkenal seperti Nike dan adidas, lalu menambahkannya dengan huruf Arab.

Begitu followers Shukri di Instagram mulai menunjukkan minat membeli barang-barang tersebut, dia menyadari bahwa dirinya sudah memiliki sarana untuk meningkatkan kepedulian mengenai isu tersebut. Shukri lalu meluncurkan tRASHY CLOTHING, merek pakaiannya sendiri yang mendobrak persepsi penduduk dunia tentang budaya Arab.

Kendati demikian, ini bukanlah satu-satunya hal yang menggerakkan pemuda kelahiran Yerusalem tersebut. Sebagai upaya kepedulian dan mewujudkan keinginan membantu, Shukri juga mendonasikan 25 persen pendapatan merek bajunya ke tempat penampungan pengungsi Siria dan Palestina di Yordania.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement