Advertisement

Air Kelapa, Tak Sesehat yang Anda Pikirkan

Newswire
Minggu, 08 April 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Air Kelapa, Tak Sesehat yang Anda Pikirkan Ilustrasi Air Kelapa. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, TORONTO-Rendah gula dan rendah kalori membuat air kelapa jadi minuman favorit pengganti air mineral.

Tapi ada yang harus diketahui, air kelapa sebenarnya bukan minuman yang bisa cepat memulihkan energi seperti yang selama ini dipercayai.

Kabar manfaat besar air kelapa sebenarnya terus dihembuskan oleh pabrik minuman air kelapa kemasan. Bahkan di Amerika Serikat, pabrik air kelapa kemasan menghabiskan dana iklan yang sangat besar untuk menaikkan posisi air kelapa menjadi minuman kesehatan yang seakan super.

Seperti dilansir flare.com, Minggu (8/4/2018) minuman air kelapa kemasan di Amerika Serikat diberikan cap sebagai superfood alias makanan super. Bahkan dalam kampanyenya, para pabrik air kelapa kemasan ini menyebutkan produk mereka bisa mengurangi risiko berbagai keluhan dan beragam penyakit.


Di Negeri Paman SAM itu, air kelapa diidentikan sebagai minuman para atlet dan fitness junkies sebagai cairan super yang disebut dengan sports drinks.

Lalu apa kata ahli nutrisi? Christy Brissette, ahli nutrisi asal Toronto, Kanada mengatakan kandungan vitamin dan mineral dalam air kelapa sebenarnya sangat kecil.

"Anda hanya akan mendapatkan jumlah kecil vitamin c dalam air kelapa. Bahkan di beberapa merek yang telah beredar [yang selama ini diklaim bervitamin tinggi]," ujar Brissette.

Air kelapa biasanya tinggi potasium tapi bukan sebagai sumber makanan satu-satunya, apalagi menjadi minuman super.

Brissette mencontohkan, pisang, mangga dan aprikot juga menjadi sumber terbaik potasium plus mengandung serat tinggi yang penting bagi tubuh.

Dan soal apakah air kelapa adalah minuman terbaik yang harus dikonsumsi setelah berolahraga, menurut Brissette sebenarnya tak sehebat itu. Air kelapa tak bisa menyeimbangkan asupan karbohidrat-gula.

"Jika Anda ingin memanfaatkan air kelapa sebagai minuman pengembali energi setelah berolahraga, itu betul-betul tak akan berdampak apa pun, seperti seolah minuman berenergi," ujarnya.

Bahkan jika Anda telah berolahraga selama satu jam penuh, maka yang harus Anda minum hanyalah air mineral. "Anda betul-betul tak perlu kok ekstra kalori dari air kelapa atau sports drinks lainnya," katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Newswire

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pura-Pura Jadi Pembeli, Pria Ini Sikat HP di Sejumlah Warung di Bantul

Bantul
| Rabu, 30 November 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement