Hai Milenial, Ini Tips Agar Anda Bijak Memanfaatkan Medsos

Pengamat digital lifestyle Ben Soebiakto. - JIBI/Bisnis Indonesia/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
22 April 2018 17:35 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Media sosial (medsos) bagi generasi milenial bak rumah kedua. Generasi milenial memanfaatkan medsos tak sekadar untuk main-main atau eksis tanpa hasil. Banyak yang menggunakan eksistensi di medsos untuk menghasilkan uang. Namun, banyak juga yang justru kebablasan.

Pengamat digital lifestyle Ben Soebiakto mengatakan sebagai generasi yang dekat dengan teknologi, para milenial tidak selalu memiliki sifat konsumtif karena mereka bisa memanfaatkan teknologi secara positif sebagai mata pencaharian.


"Namanya juga anak muda, seharusnya dia juga bisa berkreasi melalui perkembangan digital dengan menjadi entrepreneur di dunia digital," ungkapnya, Rabu (18/4/2018).

Ben menuturkan generasi milenial bisa menjual barang dagangan mereka dengan memanfaatkan media sosial, seperti melalui Instagram dan Facebook, atau bergabung menjadi seller di marketplace digital (e-commerce) yang sudah tersedia di Indonesia.

"Jadi selain mereka konsumsi, mereka juga bisa berkarya," terangnya.

Selain itu, menurut Ben, generasi milenial yang memiliki banyak ide bisa menyalurkan ide-ide tersebut dengan menjadi content creator atau selebgram.

"Jadi menjadi Youtuber atau selebgram itu aksesnya mudah untuk mereka olah, mereka bisa datang dari Jawa, bisa datang dari Sumatra, yang penting ada kreativitas, ada story, yang membuat mereka bisa menghibur atau menyampaikan pesan positif kepada followers-nya. Menjadi content creator itu banyak sekali peluang untuk bekerja sama dengan brand, sehingga mereka mendapat pemasukan dari dunia digital ini," tukasnya.