Advertisement

Tak Cukup Kena Sinar Matahari Pengaruhi Mood Anda

newswire
Kamis, 26 Juli 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Tak Cukup Kena Sinar Matahari Pengaruhi Mood Anda Ilustrasi berjemur - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ada yang bilang, manusia ibaratnya adalah tumbuhan yang memiliki emosi. Harus cukup air dan sinar Matahari agar bisa tumbuh baik.

Ingatlah, pasokan energi yang stabil sepanjang hari dapat membantu menyeimbangkan suasana hati. Biji-bijian utuh yang tubuh cerna perlahan bisa melepaskan energi secara bertahap. Kudapan sehat, seperti kacang dan biji atau buah dapat memberikan energi di antara waktu makan.

Advertisement

Minum banyak cairan sepanjang hari membuat tubuh dan otak terhidrasi. Ini sangat penting untuk tingkat energi dan memperbaiki fungsi otak.

Selain itu, kondisi usus yang sehat sangat penting untuk produksi serotonin. Sejumlah cara bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan usus antara lain: makan makanan yang kaya prebiotik dan probiotik, membatasi makanan yang secara negatif mengubah bakteri usus, seperti pemanis buatan, lemak trans, dan gula olahan.

Matahari dan Seretonin

Ada hubungan antara serotonin dan gangguan afektif musiman (SAD). Orang-orang bisa terkena SAD bila selama bulan-bulan tak mendapatkan cahaya matahari cukup. Kondisi ini bisa membuat suasanan hatinya kurang baik, kurang energi, dan tidurnya terganggu, seperti dilansir Medical News Today.

Sinar matahari dapat memicu produksi serotonin. Jadi, mendapatkan sinar matahari setiap hari bisa membantu memperbaiki suasana hati seseorang.

Olahraga juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Upaya ini dapat mengurangi risiko depresi dan memperbaiki suasana hati karena melepaskan endorfin, yang membantu mengatasi rasa sakit atau stres.

Ahli kesehatan mengatakan, diet sehat, olahraga, tidur, dan berpandangan positif adalah semua elemen kunci untuk meningkatkan suasana hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Posko THR Resmi Ditutup, Total Ada 1.539 Aduan selama Lebaran Tahun Ini

News
| Kamis, 18 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement