Advertisement

Single Parent Ayo Atur Waktu Lebih Rapi saat Asuh Anak

newswire
Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Single Parent Ayo Atur Waktu Lebih Rapi saat Asuh Anak Ilustrasi anak dan orang tua - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menjadi orang tua tunggal atau single parent harus penuh konsentrasi. Energi yang dibutuhkan mengasuh anak sendirian harus tersedia sangat banyak. Ada cara menyiasatinya, yaitu mengatur waktu dengan disiplin.

Psikolog Keluarga Anna Surti Ariani atau yang akrab dipanggil Nina ini mengatakan ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua tunggal (single parent) baik ayah atau ibu untuk merawat anaknya. Mulai dari menyempatkan waktu saat sibuk hingga berkata jujur kepada anak dengan perasaan atau kesibukannya, dan jangan malah marah-marah kepada anak.

Advertisement

“Di antara kesibukan kerja, jadwalkan waktu-waktu menyenangkan bersama anak. Jika sedang lelah, jangan marah-marah kepada anak. Boleh kok menjauh dulu dari anak untuk menenangkan diri, baru setelahnya menghadapi anak kembali,” kata Nina belum lama ini.

Jangan Menjelekkan Pasangan

Nina juga menegaskan, jika berpisah dengan pasangan karena bercerai maka jangan pernah menceritakan kejelekan pasangan kepada anak. Apalagi itu Anda lakukan saat Anda mempunya pasangan baru dan justru membuat anak mendekat dengan pasangan baru Anda. Sebaiknya jangan lakukan itu.

“Jangan pernah menjelek-jelekkan pasangan, karena dia adalah orang tua anak juga. Sadari bahwa single parent tidak mungkin menggantikan orang tua satunya. Bagi anak, selalu ada tempat untuk kedua orangtua di hatinya,” jelasnya.

Menurutnya, jika sebagai orang tua tunggal, Anda mempunyai kesibukan maka Anda sebaiknya meminta bantuan untuk merawat anak Anda. Jika mempunyai uang Anda bisa menyewa jasa Baby Sitter dan jika ingin berhemat Anda bisa meminta bantuan orang tua Anda (nenek dan kakek anak).

Untuk bisa menceritakan semua masalah yang Anda hadapi, Anda juga perlu seorang sahabat yang bisa mengerti dan pendengar setia Anda. Maka jagalah persahabatan Anda dengan baik. Dan yang paling penting, meski orang tua tunggal yang sibuk, Anda jangan lupa menyediakan waktu untuk memanjakan diri sendiri dengan perawatan yang menenangkan pikiran.

“Miliki teman dan sahabat sehingga mendapatkan dukungan emosional saat mengalami berbagai kesulitan sebagai ortu tunggal. Sesekali lakukan me time,” kata dia.

“Anda juga bisa cari komunitas sesama single parent dan jujurlah kepada anak bahwa Anda mengalami kesulitan, namun sampaikan dalam bahasa yang sederhana. Jangan terlalu mengeluh, namun sampaikan juga hal-hal apa yang sudah atau akan dilakukan untuk memperbaiki ini,” kata Nina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement