Advertisement

Kiat Memilih Tabungan Anak yang Ideal

Eka Chandra Septarini
Jum'at, 31 Agustus 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Kiat Memilih Tabungan Anak yang Ideal Ilustrasi uang rupiah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Mengajarkan pentingnya menabung dan nilai uang kepada anak bukanlah perkara mudah. Tentunya setiap orang tua ingin anaknya terbiasa menabung sejak kecil.
 
Menumbuhkan kebiasaan menabung bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti menabung di celengan yang dilakukan setiap hari atau setiap minggunya. Setelah anak sudah cukup besar dan tabungan sudah mulai banyak, orang tua bisa membukakan tabungan anak untuk mereka.
 
Tapi sebelum membuka rekening tabungan anak, orang tua sebaiknya memastikan untuk memilih yang tabungan anak yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak memberatkan.
 
1. Jumlah Setoran Awal Kecil
Layaknya membuka tabungan pada umumnya, tabungan anak juga meminta sejumlah uang sebagai setoran awal. Pilihlah bank yang meminta setoran awal dengan jumlah terkecil. Hal ini bertujuan agar setoran awal itu bisa dipenuhi dengan uang tabungan sang anak sendiri sehingga membuat mereka merasa bangga memiliki tabungan itu sendiri.
 
2. Jumlah Saldo Minimum
Biasanya bank yang memiliki ketetapan jumlah saldo minimum akan menagih biaya jika jumlah saldo ada di bawah jumlah saldo minimum yang sudah ditetapkan oleh bank. Untuk itu, pilihlah bank yang tidak memberatkan jumlah saldo anak.
 
3. Persyaratan Mudah
Memilih bank yang memiliki persyaratan pengajuan mudah untuk tabungan anak tujuannya untuk memudahkan orang tua. Jika proses pengajuannya mudah, jadi Anda tidak perlu repot lagi. Biasanya persyaratan pengajuan yang diminta oleh bank adalah KTP orang tua, akte kelahiran anak, dan umur sang anak saat itu. Akan lebih mudah jika sebelumnya orang tua memiliki rekening tabungan di bank yang sama.
 
4. Atas Nama Anak
Buku tabungan atas nama anak akan menumbuhkan rasa bangga dalam diri anak. Hal tersebut akan mendorong anak untuk lebih aktif menabung. Namum, pastikan buku tabungan anak disimpan dengan baik oleh orang tua.
 
5. Biaya yang Dikenakan
Biaya tabungan ini akan berdampak pada pengurangan jumlah tabungan anak dan bisa mengurangi minat anak untuk menabung. Ada beberapa biaya lain-lain yang harus diketahui dalam tabungan anak, seperti biaya penutupan rekening, biaya minimal saldo, dan biaya administrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement