Advertisement

DATA STATISTIK : Ini yang Bikin Orang Indonesia Kini Lebih Bahagia

Eva Rianti
Jum'at, 31 Agustus 2018 - 13:50 WIB
Bhekti Suryani
DATA STATISTIK : Ini yang Bikin Orang Indonesia Kini Lebih Bahagia Ilustrasi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Berdasarkan data statistik, orang Indonesia kini lebih bahagia. Apa saja faktor penyebabnya?

Badan Pusat Statistik mencatatkan bahwa indeks kebahagian orang Indonesia mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir.

Advertisement

Menurut data BPS, indeks kebahagiaan Indonesia mengalami kenaikan dari 68,28 pada 2014 menjadi 70,69 pada 2017 dengan skala 0 –100. 

Indeks kebahagiaan Indonesia ini disusun oleh tiga dimensi yaitu kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup. Dari ketiga dimensi ini, kepuasan hidup berkontribusi paling besar yakni 35%, dilanjutkan dengan dimensi perasaan (31%) dan dimensi makna hidup (34%).

Laporan ini membuktikan bahwa faktor keharmonisan keluarga yang merupakan salah satu indikator kepuasan hidup menjadi nilai yang paling berpengaruh tinggi terhadap kebahagiaan seseorang dengan angka 80,05.

Hal ini sejalan dengan temuan dari Harvard Study of Adult Development, studi terpanjang (selama 75 tahun yang pernah ada) dan terlengkap yang menyatakan bahwa memiliki hubungan yang dekat dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekat membuat seseorang menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia.

Psikolog Intan Erlita berpendapat bahwa kadangkala sebagian orang tidak menyadari atau bahkan melupakan bahwa hal yang berpengaruh paling besar pada kepuasan hidupnya adalah keluarga.

“Di sinilah pentingnya quality time bersama keluarga. Ini [quality time] sangat perlu dilakukan, bahkan harus dipaksakan,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (30/8/2018).

Melalui quality time, ikatan kekeluargaan akan semakin kuat sehingga memberi dampak pada kepuasan kehidupan hingga mempengaruhi kebahagiaan.

Intan menegaskan bahwa kebersamaan dan komunikasi adalah kunci mencapai keluarga yang harmonis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement