Advertisement

Mata Juga Butuh Istirahat agar Tidak Tegang

newswire
Sabtu, 01 September 2018 - 20:35 WIB
Maya Herawati
Mata Juga Butuh Istirahat agar Tidak Tegang Ilustrasi mata - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Seperti bagian tubuh yang lain, mata juga butuh istirahat agar tidak tegang. Studi menunjukkan bahwa ada prevalensi gejala visual dan faktor ketegangan mata pada sekelompok penderita sakit kepala kronis. Gejala-gejala visual yang diteliti adalah gejala yang tidak spesifik untuk sakit kepala, yaitu sensitivitas terhadap penglihatan yang terang dan kabur.

Agar mata tak tegang, berikut lima tips yang bisa Anda lakukan seperti dilansir dari Indian Express:

Advertisement

Hindari cahaya berlebihan

Cahaya yang berlebihan adalah salah satu alasan utama mata menjadi tegang. Saat menggunakan komputer, cahaya yang ada harus setengah lebih terang daripada cahaya di sekeliling Anda.

Hindari terlalu banyak cahaya eksterior di tempat kerja. Misalnya, jika sinar matahari masuk melalui jendela atau terlalu banyak cahaya buatan yang jatuh di layar, cobalah menggeser komputer Anda ke posisi lain sehingga terhindar dari itu.

Berkedip

Berkedip adalah salah satu cara yang paling diremehkan namun efektif untuk menghindari ketegangan mata. Cara ini mengistirahatkan mata dan membuatnya tidak kering.

Istirahat dari layar setiap 20 menit

Istirahatlah dari komputer Anda setiap 20 menit untuk membantu mengurangi ketegangan mata. Cara ini membantu merehidrasi kembali mata Anda dan juga membuat Anda tetap fokus.

Satu hingga dua menit istirahat sudah cukup untuk mengurangi risiko ketegangan mata. Selama waktu ini, Anda juga bisa menenangkan mata Anda.

Senam mata

Sebagian ahli mengatakan senam mata bisa membantu memperkuat otot-otot mata Anda dan menjaga agar tak kering. Anda bisa memutar mata perlahan-lahan ke arah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan lima set masing-masing dan ulangi ini beberapa kali dalam sehari.

Atur kecerahan layar Anda

Aturlah kecerahan layar Anda untuk menghindari ketegangan mata. Kontrol kecerahan dan kontras harus dikonfigurasi dengan benar agar tidak melukai mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement