Sayur Kale Makin Populer, Ini Daftar Manfaatnya

Sayur kale - ist/dw
02 September 2018 20:35 WIB newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Sayur kale kerap disebut sayur super karena memiliki banyak manfaat. Sayuran ini pun kian populer. Secangkir jus kale memiliki sekira 33 kalori, vitamin A, C dan K, 2,5 serat, magnesium, folat, asam lemak omega-3 atau asam alfa linolenat, mineral seperti zinc, kalium, fosfor dan kalsium serta antioksidan.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, kale mempunyai banyak sekali manfaat, terlebih untuk mencegah beberapa penyakit. Berikut ini, kita akan membahas beberapa khasiat dari kale seperti dilansir Boldsky.

Memerangi penyakit jantung

Kalium, serat dan vitamin B6 dan C yang hadir pada kale akan membantu memerangi penyakit jantung. Jika Anda ingin mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, Anda harus mengomsumsi lebih banyak makanan yang kaya kandungan potasium dan sodium. Potasium akan memperlebar pembuluh darah  dan mengurangi resiko serangan jantung.

Mengurangi resiko kanker

Kalau Anda hobi makan steak, tubuh akan cenderung menyerap amina heterosiklik (pemicu kanker) yang diproduksi saat memanggang steak. Makan kale dan sayuran berdaun hijau lainnya, dapat membantu mencegah kemungkinan tubuh kita menyerap karsinogen ini.

Mengontrol kadar gula

Kandungan serat dan antioksidan membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Ini juga membantu dalam meningkatkan kadar insulin dan lipid pada orang dengan diabetes tipe-2.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kale mengandung vitamin K yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Orang yang memiliki tulang lemah dan rapuh, bisa mengonsumsi lebih banyak kale. Sebab vitamin K meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap lebih banyak kalsium dari makanan yang kita makan.

Baik untuk pencernaan

Sayuran berdaun hijau ini mengandung banyak serat serta air dan bagus untuk pencernaan. Jika Anda menderita sembelit, maka kale akan mengatasinya.

Sumber : Antara