Advertisement

Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara, Jangan Malu Memeriksanya Ya

newswire
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara, Jangan Malu Memeriksanya Ya Ilustrasi kanker payudara pria - ist/

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Siapa bilang kanker payudara hanya diidap oleh perempuan? Penyakit mematikan ini juga bisa menjangkiti kaum pria. Jadi jangan malu untuk memeriksa payudara sendiri (sadari).

"Pertama tentu harus meraba [sadari]," ujar spesialis obstetri dan ginekologi dari Prodia Women's Health Centre, dokter Raditya Wratsangka di Jakarta belum lama ini.

Advertisement

Tak seperti pada perempuan, benjolan sebagai salah satu tanda yang perlu diwaspadai mengarah pada kanker relatif lebih mudah terasa pada pria. "Biasanya pada laki-laki lebih mudah karena jaringannya tidak terlalu tebal dibandingkan perempuan. Jadi kalau ada benjolan akan cepat terasa, " kata Raditya.

Kemudian, berbeda dari wanita yang dianjurkan melakukan sadari pada hari ke-7 hingga 10 menstruasi (dihitung dari hari pertama menstruasi) setiap bulan, tak ada waktu khusus pria melakukannya.

Lebih lanjut, Raditya mengungkapkan, munculnya kanker pada pria bisa disebabkan sejumlah faktor seperti genetik dan gaya hidup seperti kebiasaan merokok, kurang beraktivitas fisik, terlalu banyak minum alkohol dan kelebihan berat badan.

"Berhubungan dengan gaya hidup. Selain memang secara genetik dicari ada riwayat atau tidak, walau angkanya kecil," tutur Raditya.  Pemeriksaan payudara sendiri merupakan upaya untuk mendeteksi dini kanker payudara dan tidak mencegah munculnya kanker.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement