Advertisement

Menopause Bisa Ditunda, Simak Caranya

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jum'at, 09 November 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Menopause Bisa Ditunda, Simak Caranya Kacang tunggak - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Jika Anda atau orang Anda kasihi sedang cemas dengan gejala menopause, berikut diet yang bisa dilakukan untuk menunda menopause.

Menurut The Journal of Epidemology and Community Health, pola makan kaya ikan dan sayur bisa menunda menopause pada perempuan. Adapun menopause berkaitan dengan produksi hormon estrogen. Jadi, yang perlu dilakukan untuk menunda menopause adalah memperpanjang masa produksi hormon estrogen.

Advertisement

Bahan makanan yang bisa memperpanjang produksi hormon estrogen adalah makanan yang mengandung fitoestrogen, misalnya; buah-buahan seperti pepaya, bengkuang, teh hijau, melon, kacang kedelai.

Hormon estrogen juga bisa didapatkan dari biji-bijian gandum, wijen, biji bunga matahari dan kacang tunggak.

Studi dari The Journal of Epidemology and Community Health ini juga memantau pada 9.027 perempuan usia 40-65 tahun di Inggris bahwa selama empat tahun mendapati tambahan 2,5 ons kacang hijau atau buncis per hari bisa menunda gejala menopause sampai satu tahun. Begitu pula untuk tambahan 3 ons ikan berlemak bisa menunda menopause sampai tiga tahun.

Tips lain untuk menunda menopause adalah Anda atau orang terkasih perlu menghindari makanan cepat saji karena memiliki kandungan gizi yang tidak seimbang. Apalagi, umumnya dalam makanan cepat saji mengandung kolesterol yang sangat tinggi.

Tak lupa, untuk menunda menopause, sembari diet makanan lakukan juga olahraga secara teratur agar membuat tubuh segar, juga melancarkan peredaran darah, menguatkan tulang dan membantu produksi hormon.

Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu yang berat selama bisa dilakukan secara rutin dan teratur. Misalnya dengan senam, jogging atau lari pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement