Advertisement

PARENTING: Banyak Manfaatnya, Makan Malam Bersama Keluarga Harus Dipertahankan

Tika Anggreni Purba
Kamis, 22 November 2018 - 11:35 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Banyak Manfaatnya, Makan Malam Bersama Keluarga Harus Dipertahankan Ilustrasi makan malam keluarga - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Dalam kehidupan masyarakat urban atau masyarakat modern, apakah kebiasan makan malam bersama masih dipertahankan? Rasanya tidak.

Kehidupan modern yang sibuk dan kehadiran gawai/teknologi membuat kita sibuk sehingga interaksi dengan keluarga mulai terabaikan. Banyak orang yang memilih melakukan apa yang menurutnya penting ketimbang menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan keluarga untuk makan malam bersama.

Advertisement

 Bagi Anda yang masih mempertahankan kebiasaan makan malam bersama keluarga, itu bagus. Namun bagi Anda yang sudah tidak lagi menikmati waktu bersama keluarga, berikut beberapa alasan mengapa kebiasaan makan bersama keluarga perlu dipelihara seperti dikutip dari Lifehack.org:

1.   Membantu tumbuh kembang anak

Jika anak-anak masih kecil, duduk bersama sembari menyantap makan malam akan membantu tumbuh kembangnya. Anak-anak dapat belajar meningkatkan kemampuan berbahasa, sosial, dan etika (misalnya tidak mengunyah sambil berbicara). Meja makan adalah tempat yang tepat bagi anak untuk meningkatkan nilai kesopanan, kesabaran, bahkan pelajaran-pelajaran berharga lainnya.

 2.   Meningkatkan kesehatan mental

Makan malam bersama keluarga dapat meningkatkan kesehatan mental. Hal ini berkaitan dengan keterlibatan keluarga dalam mendukung anggota keluarga lainnya saat saling berbicara atau bertemu di meja makan.

 3.  Meningkatkan kesehatan tubuh

Orang tua bisa mengontrol makanan apa yang dikonsumsi anak-anak ketika makan bersama. Jika ana-anak dibiarkan makan sendiri, mereka akan lebih memilih makanan yang bikin mereka senang, bukan makanan sehat.

 4.  Mempererat ikatan keluarga

Semakin banyak kita menghabiskan waktu bersama, semakin kuat ikatan batin yang tumbuh dalam hubungan itu. Nah, salah satu hal simpel yang bisa kita lakukan adalah makan bersama keluarga. Di situ kita bisa saling bertukar cerita sehingga keterbukaan dan kedekatan dengan keluarga terus terpelihara.

 5.  Menghemat biaya

Banyak orang yang kehabisan uang gara-gara terlalu sering membeli makan di luar rumah. Padahal memasak sendiri di rumah dan makan bersama keluarga akan jauh lebih hemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement