Advertisement

Anda yang Introvert Juga Bisa Tetap Gembira, Simak Kiat Ini

Tika Anggreni Purba
Minggu, 25 November 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Anda yang Introvert Juga Bisa Tetap Gembira, Simak Kiat Ini Ilustrasi interovert - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Faktanya sebagian besar orang introvert lebih senang menikmati kesendirian, ketimbang keramaian. Mereka umumnya lebih fokus pada kehidupan di sekelilingnya tanpa memiliki motivasi untuk bergaul dalam kehidupan sosial.

Inilah yang membuat orang introvert cenderung terlihat lebih kalem, lugu, dan tidak begitu bergairah. Kebalikannya si ekstrovert, selalu tampil ceria dan bahagia. 

Walau begitu, bukan berarti orang introver tidak bisa bahagia, lo. Ada beberapa cara yang bisa dicoba si introver untuk meningkatkan kebahagiaannya dilansir verywell.com

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Lihatlah diri Anda secara utuh

Banyak orang introver yang merasa tertekan dengan keadaan dirinya yang seolah sulit dimengerti orang lain. Padahal poin penting dari kebahagiaan adalah menerima diri sendiri. 

Lihatlah diri Anda secara utuh bahwa tidak ada yang salah menjadi seorang introver. Semua orang memiliki keunikannya masing-masing, tak perlu merasa berbeda sebagai orang introver. 

2. Kembangkan kekuatan introver Anda

Orang introver memiliki kelebihan seperti kemampuan yang unggul dalam berbagai bidang, misalnya lebih cepat menyelesaikan masalah, lebih unggul secara akademik, dan memiliki karakter yang kuat. Hal-hal ini harusnya dapat terus dikembangkan sehingga Anda lebih bahagia dengan diri sendiri. 

3. Jadilah diri sendiri

Advertisement

Banyak orang introver yang memilih menjadi orang lain agar diterima oleh lingkungan. Padahal dia merasa lelah luar biasa setelahnya. 

Sebaiknya jadilah diri sendiri dan berlakulah natural seperti seharusnya. Terkadang orang menyamakan orang introver dengan pemalu, padahal keduanya berbeda. Tidak selamanya orang itu pemalu, tetapi umumnya orang yang pemalu adalah introver. Tetapi di posisi mana pun Anda, be your self!

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Program Minapadi Dikembangkan di 3 Kapanewon

Gunungkidul
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement