Jangan Bicarakan Hal-Hal Ini di Tempat Kerja

Ilustrasi bekerja - Reuters
30 November 2018 09:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Anda  banyak menghabiskan waktu di tempat kerja bersama teman-teman kantor. Biasanya Anda juga bercerita banyak hal kepada mereka.

Walaupun Anda sangat antusias, jangan gegabah. Ada beberapa topik pembicaraan yang sebaiknya tidak Anda bahas di tempat kerja. Berikut beberapa batasannya dilansir Huffpost.com:

Kebencian Anda terhadap tempat kerja sebelumnya

Sekalipun Anda mengalami pengalaman yang sangat buruk di kantor lama Anda, sebaiknya jangan ceritakan kebencian Anda pada rekan kerja yang sekarang. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda tidak dewasa dan tidak mampu mengatasi problem Anda di kantor lama.

Pandangan politik

Sebaiknya tidak perlu membicarakan soal pandangan politik Anda di tempat kerja, sekalipun beberapa rekan Anda menceritakannya. Hal ini untuk mengatasi situasi canggung karena perbedaan pandangan politik.

Keinginan mencari pekerjaan baru

Apabila Anda memiliki rencana untuk pindah ke kantor lain atau mencari pekerjaan baru, rahasiakan hal tersebut dari rekan Anda. Lebih baik tidak menceritakannya pada orang lain, karena hal ini akan membuka kesempatan untuk orang untuk menilai motivasi dan alasan Anda pindah kerja. Tanggapan, kritik, dan penilaian orang lain akan mengganggu pikiran Anda dalam melangkah ke jenjang karier yang lebih baik.

Masalah kesehatan

Jika Anda memiliki isu kesehatan yang serius atau problem seks, sebaiknya tak perlu membicarakan hal ini di tempat kerja. Orang-orang umumnya bingung untuk bereaksi mengenai hal ini dan suasana dapat berubah menjadi canggung.

Detail soal hubungan pribadi Anda

Pastikan untuk tidak menceritakaan persoalan hubungan personal Anda pada rekan di kantor, termasuk soal seks.  Tentu menceritakan soal ulang tahun, acara keluarga, atau kegiatan anak-anak sah saja dibicarakan. Namun, di luar dari itu sebaiknya simpan untuk Anda sendiri atau ceritakan pada orang yang tepat di luar rekan kerja.

Keluhan soal atasan atau rekan kerja lain

Anda mungkin merasa perlu untuk meluapkan rasa frustasi Anda karena atasan yang menyebalkan, tetapi pastikan jangan meluapkan itu pada rekan kerja Anda.  Jangan sampai kesempatan Anda untuk mendapat promosi atau sebagainya terhambat karena dianggap menjelek-jelekkan rekan kerja dan atasan.

Kritik soal strategi perusahaan

Tak perlu menilai atau mengkritik strategi bisnis yang dilakukan perusahaan Anda ketika Anda tidak berada dalam posisi yang tepat untuk membicarakan itu. Hal ini bisa menghambat promosi Anda ketika dinilai soal kepemimpinan dan tanggung jawab.

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia