Advertisement

Mencicipi Kopi Bening Racikan Barista Lokal

Aprianus Doni Tolok
Jum'at, 30 November 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Mencicipi Kopi Bening Racikan Barista Lokal Barista restoran Arack & Spice Aditya Wiguna meracik kopi destilasi sehingga kopi sebening air mineral. JIBI/BISNIS - Aprianus Doni

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kopi yang biasa disajikan sebagai minuman umumnya berwarna hitam kecokelatan, ternyata dapat disajikan layaknya air mineral, bening atau tanpa warna.

Barista restoran Arack & Spice Aditya Wiguna adalah orang yang mampu meracik minuman kopi seperti itu. Namun, minuman itu bukanlah kopi melainkan mocktail.

"Minuman rasa kopi ini termasuk mocktail nonalkohol. Jadi semua orang bisa meminumnya," ujarnya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Proses pembuatan minuman itu memakai teknik destilasi atau penyulingan. Dia mengaku terinspirasi dari infused water yakni air mineral beraroma buah-buahan. Namun, dia tidak setuju bila mocktail rasa kopi itu disamakan dengan infused water. Alasannya adalah proses pembuatannya yang berbeda.

"Cairan kopi yang sudah dibuat kemudian disuling atau destilasi. Ada alat khusus supaya rasa kopinya tetap kuat. Kalau infused water kan hanya didiamkan selama beberapa jam atau hari," ujarnya. 

Dia mengklaim kandungan kafein pada moctail tersebut sangat sedikit meski rasa kopinya tidak berkurang. Single origin kopi manapun juga dinilainya bisa dijadikan mocktail yang dihargai sekitar Rp60.000 ini.

"Untuk saat ini kami menggunakan kopi Kintamani sebagai single origin mocktail ini. Namun, semua jenis kopi juga bisa digunakan."

 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Audit Stadion Maguwoharjo Tunggu Instruksi, Saat Ini Diklaim Sudah Penuhi Syarat

Sleman
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement