Advertisement

Anda Tak Bisa Setop Melihat Ponsel, Ini Alasannya

Newswire
Kamis, 20 Desember 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Anda Tak Bisa Setop Melihat Ponsel, Ini Alasannya   Ilustrasi ponsel pintar - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anda dan ponsel ibarat sayur tanpa garam, hambar. Hidup hampa tanpa ponsel di tangan? Ada alasan di balik kebiasaan itu. Ini alasannya seperti dikutip dari YourTango belum lama ini.  

Berdasarkan jajak pendapat Gallup pada Juli 2015, menemukan bahwa orang dewasa sering memeriksa ponsel cerdasnya beberapa kali dalam satu jam (41%) atau setiap beberapa menit (11%).

Advertisement

Ketika mereka memeriksa pemilik smartphone berusia 18 hingga 29 tahun, angka-angka itu meningkat menjadi 51% dengan pengecekan beberapa kali dalam satu jam dan 22% memeriksa setiap beberapa menit.

Hal itu terjadi karena lonjakan pemakaian media sosial seperti Instagram dan Snapchat pada 2016 dan 2017 yang sering dibuka beberapa menit sekali.

Nyatanya, baik remaja maupun orang dewasa sering main ponselnya sambil menunduk menatap layar, tidak mengherankan bila mereka jadi lupa dengan sekitarnya, termasuk orang-orang dan kewajiban. Menurut Gallup, tren teknologi membutuhkan waktu yang lama agar terkenal.

Menurutnya jika seseorang melirik ponselnya, perasaan orang akan terbagi jadi dua proses, yaitu senang dan puas melihat sesuatu diposting dari media sosial atau nonton video, ini menandakan gejala kecanduan. Sebagian orang akan merasa lega karena tidak ketinggalan postingan atau komentar baru, berarti orang itu terkena tanda obsesi potensial.

Terlepas dari itu, peneliti menemukan temuan jika kita sering menggunakan handphone agar tidak berinteraksi dengan orang sekitarnya, itu bisa jadi syarat terbentuknya fobia atau kecemasan sosial, meskipun penelitian itu masih terbagi.

Bahkan, ia juga berpendapat kalau kebanyakan orang termotivasi untuk mengecek gadgetnya didasari oleh rasa jenuh, sedikit kecemasan sosial, dan kesenangan.

Oleh sebab itu, ia sering memperhatikan orang yang ditemuinya akan tersenyum ketika melihat ponselnya dapat balasan pesan, atau sebagian lain tidak berekspresi karena perasaan lega.

Ia juga percaya kalau banyak kalangan tua dan muda sering memegang ponsel ketika sedang jalan, berdiri di sebuh restoran, atau duduk di taman akan membuka ponselnya. Entah itu sekadar melihat foto atau iseng main ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement