Persahabatan itu Penting, Ini Alasannya

Ilustrasi persahabatan perempuan - Istimewa
21 Desember 2018 10:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa saja disibukkan dengan pekerjaan, keluarga, pekerjaan rumah tangga, dan sebagainya. Terkadang kita melupakan satu aspek penting dalam kehidupan yaitu persahabatan.

Hubungan persahabatan yang terjalin dari waktu ke waktu biasanya memegang tempat yang istimewa di hati kita. Tetapi sering kali mereka yang terus kita abaikan. Walau bagaimanapun, teman atau sahabat adalah keluarga yang sengaja kita pilih dan kita izinkan masuk ke dalam kehidupan kita.

Untuk mengingatkan kita kembali akan manfaat pertemanan, berikut ini enam manfaat persahabatan yang akan membuat kita mengingat sahabat kita, dilansir Psychologytoday.com:

1.   Menemani dalam sukacita dan menghibur dalam dukacita

Teman yang baik bisa menjadi pendukung Anda yang setia dalam keadaan senang maupun susah. Dalam merayakan kebahagiaan Anda mereka ada, dan di kala sulit mereka ada di sana untuk mendengarkan, memberi nasihat, dan menolong Anda keluar dari kesusahan.
 
Teman yang sejati akan selalu ada tidak peduli apapun kondisinya, dia tidak membuat alasan yang membuat Anda kecewa.
 
2.  Membantu dalam mengembangkan kemampuan sosial

Teman-teman yang baik akan membantu Anda keluar dari zona nyaman diri Anda. Berteman atau bergaul dengan banyak orang bisa meningkatkan kemampuan sosial. Hidup bersama dengan teman-teman seperti ini akan membuat kita jauh lebih baik dalam bersosialisasi di tempat baru atau bertemu dengan orang baru di kemudian hari.
 
3.   Membuka mata kita tentang realita

Teman yang baik akan berupaya membuat kita menjadi lebih baik dalam segala hal. Kalau ada sikap yang buruk, teman yang baik akan berupaya untuk memperbaiki kelakuan itu. Mereka adalah orang yang akan membuka mata kita akan realita kehidupan, inilah keindahan persahabatan sejati.
 
4.  Mengembangkan hubungan yang romantis dengan pasangan

Persahabatan sejati yang dimulai sejak usia muda dapat membantu anda mengembangkan hubungan romantis Anda dengan pasangan. Karena dalam persahabatan diajarkan bagaimana berkompromi dalam hubungan, berjuang dalam saling mengenal, dan bagaimana berkomunikasi dengan baik.
 
Persahabatan sebetulnya beda-beda tipis dengan hubungan romantis, sehingga ia bisa menjadi langkah awal Anda untuk memiliki hubungan romantis yang jauh lebih baik.
 
5.  Mendukung hubungan Anda dengan pasangan

Banyak orang yang setelah memiliki pasangan malah meninggalkan sahabat-sahabatnya. Padahal, persahabatan seharusnya tidak akan mengganggu hubungan percintaan.

Sebaliknya, memperkenalkan sahabat Anda pada pasangan justru akan memperluas hubungan persahabatan yang akan bermanfaat dalam kehidupan Anda. Alangkah lebih baiknya melewati berbagai fase hidup bersama pasangan dan juga sahabat-sahabat.
 
6. Meningkatkan kesehatan dan angka harapan hidup

Penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang hidup bersama teman-temannya memiliki kesehatan yang lebih baik. Mereka juga cenderung lebih bahagia ketimbang orang yang tidak memiliki teman di masa tuanya. Kalau ingin usia lebih panjang, pertahankan persahabatan Anda sampai kakek-nenek.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia