Mari Memulai Cerita Baru dalam Hidup Ini, Simak Tipsnya

Ilustrasi gembira - Reuters
22 Desember 2018 09:35 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pernahkah Anda merasa bahwa hidup Anda penuh dengan tantangan, kebahagiaan, kesedihan dan sebagainya?

Terkadang hidup sepertinya bersahabat dengan Anda dan terkadang sebaliknya, ada yang merasa bahwa hidup bertentangan dengan dirinya.

Apakah Anda menyadarinya atau tidak, Anda memiliki hubungan dengan kehidupan Anda. Dan seperti hubungan lainnya, Anda memiliki harapan, Anda akan mengalaki waktu yang baik dan buruk serta akan ada saat-saat ketika Anda memutuskan bertanggung jawab atau ingin menyalahkan orang lain.

Oleh karena itu, berikut adalah lima cara untuk memulai cerita hidup Anda kembali, seperti lansir dari Psychology Today.

1. Sadari Anda Memiliki Hubungan Dengan Hidup

Coba berpikir bahwa hidup adalah seseorang yang Anda cintai. Berpikir seperti itu akan membuat Anda menyadari bahwa seluruh proses kehidupan Anda. Anda akan dengan mudah menginstropeksi diri Anda dan tahu apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya.

2. Lihat diri Anda sebagai pembuat cerita

Membuat sesuatu adalah tentang menyadari bahwa Anda memiliki pilihan dan benar-benar membuat pilihan, daripada jatuh ke mode default.

3. Sadari bahwa hidup mengajarkan Anda tentang kehidupan

Untuk berhenti berpikir bahwa Anda adalah korban kehidupan, Anda harus melihat masalah sebagai pelajaran potensial untuk dipelajari.

Seperti yang dikatakan oleh penyair Rilke, “Pada akhirnya masing-masing dari kita hanya mengalami satu konflik dalam kehidupan yang terus-menerus muncul dengan kedok yang berbeda”.

Apakah konflik Anda hanya satu atau dua hal? Apa yang membuat hidup dan masalah mencoba untuk mengajari Anda? Coba pikirkan hal tersebut.

4. Percayalah, Anda dapat mengubah kisah hidup Anda

Inilah masa di mana Anda harus berusaha menyelaraskan sikap dan pikiran Anda. Terlepas dari apapun kisah hidup Anda, hal itu masih merupakan narasi dan, seperti sebuah lukisan, itu dapat diubah.

Akankah mengubah cerita membawa Anda semua yang Anda inginkan? Belum tentu. Tapi bisakah itu membuat hidup Anda berbeda menjadi kurang terperangkap, kurang stres, kurang cemas? Ya, itu bisa.

Kisah Anda bisa menjadi cetak biru untuk hidup Anda - titik awal, visi yang mungkin atau mungkin tidak akan terjadi. Tetapi tanpa visi atau cetak biru, tidak ada hal kreatif terjadi.

5. Kamu perlu peduli pada hubunganmu dengan hidup

Setiap hubungan dapat berakhir dan terjadi konflik ketika tidak dipelihara, ketika masalah diabaikan, atau ketika kehidupan sehari-hari menciptakan visi yang lain.

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mundur - setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, atau setiap tahun - untuk mengajukan pertanyaan yang penting tetapi sulit: Bagaimana keadaan saya dan hidup saya? Apakah kita berada di jalur yang sama? Apakah kita bergerak ke arah yang sama? Adakah masalah yang membuat kita tidak maju dan merasa puas?

Dan usahakan untuk terus memperbaiki hubungan Anda dengan kehidupan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/psychologytoday.com