Advertisement

Polusi Sangat Berbahaya bagi Ibu Hamil, Ini Hasil Penelitiannya

Newswire
Rabu, 26 Desember 2018 - 12:35 WIB
Maya Herawati
Polusi Sangat Berbahaya bagi Ibu Hamil, Ini Hasil Penelitiannya Ilustrasi ibu hamil - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polusi udara berbahaya bagi manusia. Udara yang tercemar berdampak buruk bagi kesehatan. Risikonya meningkat pada ibu hamil.

Sebaiknya kurangi aktivitas berlebih apalagi saat sedang berada di kota besar, polusi jelas lebih berbahaya, seperti yang dilansir dari She Knows belum lama ini.

Advertisement

Polusi udara adalah hal paling buruk yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, kardiovaskular dan memperburuk gejala kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti asma. Semua itu juga bisa memengaruhi orang hamil dan janin mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat bahwa paparan polusi udara selama kehamilan dapat menyebabkan hasil kelahiran yang merugikan, seperti berat badan sang bayi sangat rendah, kelahiran prematur, autisme, masalah kesuburan dan usia kehamilan sulit diprediksikan. Sebuah penelitian baru mengungkapkan polusi dapat menimbulkan ancaman yang lebih besar terhadap kehamilan.

Hasil yang dilakukan dari penelitian di University of Utah dan diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility mengungkapkan ketika wanita terpapar polusi dengan tingkat yang tinggi, mereka memiliki risiko keguguran lebih besar.

Dokter Matthew Fuller, asisten profesor bedah di University of Utah Health dan penulis senior makalah, menganalisis data sudah lebih dari 1.300 wanita, semuanya telah masuk rumah sakit karena mengalami masalah darurat, hingga tidak wajar. Hal mengejutkan yang ditemukan para peneliti adalah bahwa wanita hamil yang terpapar dengan kadar nitrogen dioksida tingkat tinggi dapat mengalami keguguran.

Dan memang sangat rentan di usia kandungan muda, risiko tersebut naik hingga 16%. Polusi udara akan menjadi masalah yang lebih besar tidak hanya di negara berkembang saja tetapi di wilayah atau negara terpencil, karena saat bumi mengalami penghangatan populasi udara akan membludak.

Semua juga mengetahui jika polusi udara memang tidak sehat untuk semua makhluk hidup, tapi polusi memiliki dampak paling parah pada wanita hamil, anak-anak, bayi, orang tua dan pada mereka yang memiliki masalah pernapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement