Anda Bisa Menjaga Kesehatan Jantung dengan Hal-Hal Ini

Jantung sehat/ilustrasi - Boldsky
03 Januari 2019 11:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Jantung merupakan organ yang berperan sangat besar dan penting dalam tubuh manusia. Tanpa jantung yang sehat, tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan dan mempertahankan jantung yang sehat.

Apa saja yang perlu kita lakukan demi jantung yang sehat? Berikut ini ulasannya dilansir Nhs.uk:

1.       Berhenti merokok

Jika Anda ingin jantung sehat, berhentilah merokok sekarang juga. Rokok mengandung berbagai zat yang dapat merusak jantung Anda. Penyakit Jantung Koroner misalnya, dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok.

2.       Aktif bergerak

Beraktivitas dengan aktif menurunkan risiko penyakit jantung. Anda bisa memilih olahraga rutin setiap hari atau setiap minggu, setidaknya selama 150 menit.

3.       Kendalikan berat badan

Orang yang berlebihan berat badan memiliki risiko sakit jantung. Karena itu pertahankan pola makan yang sehat dan seimbang. Kurangi lemak dan gula, perbanyak asupan buah dan sayur.

4.       Makan serat lebih banyak

Mengonsumsi setidaknya 30 gram serat setiap hari akan menurunkan risiko sakit jantung. Anda dapat memilih makanan yang kaya serat seperti gandum, kentang, buah, dan sayuran.

5.       Kurangi lemak jahat

Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi lemak jahat dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

6.       Makan makanan yang bervariasi

Cukupi kebutuhan nutrisi setidaknya dengan 5 porsi menu bervariasi yang terdiri dari sayur dan buah. Bahan makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral untuk kesehatan Anda.

7.       Kurangi garam

Untuk mengendalikan tekanan darah, upayakan untuk mengurangi garam dalam menu makanan Anda. Bahkan jika sudah terbiasa, hilangkan garam sama sekali dari makanan Anda.

8.       Makan ikan

Setidaknya dua kali seminggu, upayakan mengonsumsi ikan. Pilihlah ikan yang mengandung banyak omega-3 seperti tuna, salmon, dan lain-lain. Kandungan omega-3 membantu Anda untuk mengatasi penyakit jantung,

9.       Hindari alkohol

Alkohol mengandung kalori tinggi yang dapat mempengaruhi berat badan Anda. Tidak hanya itu, alkohol juga meningkatkan masalah kesehatan, termasuk kesehatan jantung. 

10.   Membaca komposisi makanan

Saat berbelanja, pastikan untuk membaca komposisi makanan kemasan yang Anda beli. Apakah makanan itu mengandung banyak kalori, lemak, gula, dan lain-lainnya. Memahami manfaat dan mudarat dari kandungan makanan tersebut akan menolong Anda lebih bijaksana dalam memilih makanan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Nhs.uk