Anda Bekerja dalam Shift, Ini Kiat untuk Anda agar Hidup Seimbang

Ilustrasi bekerja - Reuters
04 Januari 2019 11:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Bukan menjadi rahasia lagi kalau bekerja shift memang membutuhkan perhatian ekstra. Hal ini perlu dilakukan karena pekerjaan shift mempengaruhi keseimbangan hidup, kondisi emosi, serta kesehatan mental.

Akan tetapi, kita tidak bisa membiarkan pekerjaan tersebut menurunkan kualitas hidup. Untuk itu, perlu dilakukan perubahan gaya hidup. Walau bekerja shift, Anda tetap bisa sehat fisik dan mental, kok. 

Berikut 13 cara untuk menjaga kualitas hidup untuk para pekerja shift:

1. Kenali diri Anda
Kapan Anda merasa benar-benar aktif untuk bekerja? Apakah Anda morning person atau night person? Anda perlu mengenali diri agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Apabila Anda ternyata orang yang aktif di pagi hari, cobalah untuk memanfaatkannya untuk aktivitas yang membutuhkan konsentrasi dan fokus.

2. Istirahatkan mental Anda
Setiap orang merasakan masa di mana kekelahan mental yang ditandai dengan hilangnya motivasi, kurangnya kepuasan, bahkan muncul masalah kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengambil waktu untuk beristirahat sejenak untuk mengisi ulang kembali motivasi dan semangat Anda.

3. Kurangi waktu menggunakan media sosial
Ketika Anda bekerja shift, waktu Anda menjadi tidak teratur. Hal ini membuat Anda merasa perlu untuk melihat media sosial untuk tetap update dengan dunia luar. Akan tetapi, media sosial bukanlah kebutuhan utama Anda saat ini. Jangan lupa untuk tetap terhubung dengan dunia nyata.

4. Ciptakan ‘me time’ setiap hari
Katakanlah Anda bekerja 8 jam sehari untuk mengerjakan semua tugas Anda, berarti ada sisa 16 jam lagi yang bisa Anda gunakan untuk diri Anda sendiri. Setidaknya sediakan waktu 1 jam untuk diri Anda sendiri seperti untuk melakukan hobi dan bersenang-senang.

5. Membuat jadwal harian
Buatlah daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan setiap hari atau setiap minggu. Rencanakan juga kegiatan-kegiatan yang menyenangkan sehingga Anda menantikannya.

6. Jangan lupa bernapas
Pekerjaan shift bisa jadi menguras energi Anda. Jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk bernapas dengan lega di tengah kesibukan Anda.

7. Komitmen
Apabila Anda berkomitmen untuk mengisi waktu luang Anda untuk keluarga atau untuk olahraga, lakukanlah semua itu dengan komitmen.

8. Menciptakan rutinitas
Adanya rutinitas harian dapat menolong Anda untuk mengurangi stres. Tidak hanya rutinitas harian untuk bekerja, Anda juga bisa menciptakan rutinitas untuk hal-hal lain seperti mencuci pakaian, belanja, atau aktivitas harian lainnya.

9. Siapkan menu makanan untuk seminggu
Mengonsumsi makanan yang sehat merupakan faktor krusial yang mempengaruhi kualitas hidup Anda. Pastikan untuk memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi dengan membuat daftar menu makanan sehat yang sudah dipersiapkan selama seminggu.

10. Menikmati alam
Jangan lupa untuk menikmati alam yang natural seperti berjalan di bawah pohon, menikmati hujan, bahkan kalau perlu melakukan perjalanan ke pantai atau gunung.

11. Refleksi
Walau bekerja shift, Anda perlu waktu untuk duduk diam sejenak sembari merefleksikan hidup Anda. Apabila Anda bekerja pada malam hari, Anda mungkin bisa menenangkan diri sejenak saat dunia ini sedang tidur.

12. Tetap aktif
Aktivitas fisik merupakan hal vital yang diperlukan untuk tetap sehat. Izinkan diri Anda untuk bergerak selama dalam waktu tertentu setiap hari.

13. Sediakan waktu untuk orang yang Anda kasihi
Waktu kerja yang berbeda dengan orang kebanyakan biasanya akan membuat Anda kehilangan kesempatan menikmati waktu bersama orang yang dicintai. Oleh karena itu, Anda perlu menjadwalkan waktu sendiri untuk berkumpul dan memperhatikan orang yang Anda kasihi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia