Bosan Tak Melulu Membahayakan

Ilustrasi bosan - Reuters
08 Januari 2019 09:35 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Rasa bosan bisa datang tiba-tiba dan mengacaukan semangat Anda menjalani rutinitas. Tenang, Anda tidak perlu bingung dan marah-marah. Kebosanan Anda tak melulu berdampak negatif dan membahayakan produktivitas melakoni hidup.

Menurut studi dalam jurnal Academy of Management Discoveries, seperti dilansir Time, belum lama ini ide cemerlang dan produtivitas bisa datang saat seseorang merasa bosan.

Dalam studi tersebut, orang-orang yang telah melalui tugas yang memicu kebosanan, secara sistematis menyortir semangkuk kacang berdasarkan warna, satu per satu, berkinerja lebih baik menghasilkan gagasan daripada mereka yang tak merasa bosan.

Bahkan, orang-orang yang bosan mengungguli para seniman baik dalam hal kuantitas maupun kualitas ide. Inilah mengapa bosan bisa menjadi hal yang baik untuk pikiran, imajinasi dan produktivitas Anda, asalkan dilakukan dengan benar.

"Bosan adalah pencarian stimulasi saraf yang tidak puas. Jika kita tidak dapat menemukan itu, pikiran kami akan menciptakannya. Kebosanan bisa memungkinkan kreativitas dan penyelesaian masalah dengan membiarkan pikiran berkelana," kata Sandi Mann, dosen psikologi dari University of Central Lancashire di Inggris.

Sumber : Antara