Bersihkan Kamar Mandi Tak Sulit, Ini Kiatnya

Ilustrasi bersih-bersih toilet - ist/Quick and Dirty
11 Januari 2019 12:35 WIB Eva Rianti Lifestyle Share :
Harianjogja.com, JAKARTA-Memiliki kamar mandi yang bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Selain penghuni rumah, setiap tamu yang bertandang ke rumah pun akan merasa lebih nyaman dan aman jika menggunakan kamar mandi yang bersih di rumah Anda. 
 
Membersihkan kamar mandi sesungguhnya tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya membutuhkan strategi yang sederhana dalam membersihkannya. 
 
Berikut ini adalah lima cara mudah yang dapat Anda lakukan dalam merapikan kamar mandi dan menjaganya agar bebas bakteri yang sesuai standar yang baik untuk tamu, seperti dilansir dari Americanstandard, baru-baru ini. 
 
Bersihkan cermin
Mulailah dari area visibilitas tinggi, seperti cermin kamar mandi. Kemungkinan yang biasa dilakukan oleh sebagian besar tamu pada awalnya adalah memeriksa diri mereka sendiri di cermin ketika menggunakan toilet.
Akan sangat mudah terlihat jika pada cermin Anda terdapat noda yang membandel dan itu membuat tamu Anda tidak leluasa. 
 
Jika Anda tidak suka membersihkannya dengan koran karena bisa membuat tangan menjadi hitam, cobalah dengan selembar kertas saringan kopi kering. 
 
Cukup celupkan ke dalam larutan pembersih. Disarankan larutan ini berupa dua sendok makan jus lemon segar dengan empat cangkir air. Gunakan kertas saringan lain yang bersih untuk membuatnya kering dan berkilau. 
 
Bersihkan keran
 
Sementara kuman mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang, salah satu bagian paling menjijikkan dari kamar mandi adalah pegangan keran. Bagaimanapun, bagian ini selalu disentuh oleh tangan kotor ketika digunakan. 
 
Setelah menyeka area permukaan keran, Anda dapat menggunakan sikat gigi tua yang dicelupkan ke dalam bahan pembersih untuk membersihkan tiap sudut keran yang sulit dijangkau.
 
Segarkan handuk tangan dan keset kamar mandi
 
Setiap kali toilet disiram akan ada partikel kecil yang dilepaskan ke udara. Dari situ handuk tangan akan mudah terselimuti kuman, terlebih jika setiap pengguna toilet membersihkan tangannya dengan handuk tersebut. 
 
Sementara itu, kuman pada handuk tangan itu tidak dapat dengan mudah dihilangkan hanya dengan melemparkannya ke mesin cuci. Sebagai gantinya, gunakan air panas dengan pemutih atau pembersih laundry untuk efek yang lebih terjamin. Demikian berlaku juga bagi keset kamar mandi.
 
Buang kotoran dari permukaan yang terbuka
 
Meja tempat Anda memajang tanaman toilet dan sikat gigi bisa menjadi sangat berlendir terutama di lingkungan kamar mandi yang selalu lembab. Kondisi itu kadangkala membuat pengguna toilet menjadi merasa jijik. 
 
Karena itu, buatlah larutan pembersih rumahan Anda sendiri berupa baking soda serta larutan cuka dan air. Taburkan itu pada meja atau permukaan kamar mandi berlendir lainnya. 
 
Biarkan campuran gelembung selama beberapa menit, lalu gosok dengan kain lembut atau spons hingga terbentuk pasta. Biarkan pasta selama sekitar 15 menit, lalu bersihkan dan bilas.
 
Bersihkan dan disinfeksi toilet
 
Muailah dengan mematikan katup di toilet, lalu siram dan buang air yang tersisa. Tuang bahan pemutih atau pembersih dan diamkan selama sekitar 30 menit dengan tutupnya dalam kondisi tertutup. 
 
Gunakan sikat toilet khusus untuk membersihkan bodi toilet dan di bawah pelek. Untuk noda yang membandel, aplikasikan kembali pembersih dan ulangi. 
 
Lebih baik lagi, berinvestasi di toilet dengan teknologi anti-bakteri revolusioner, yakni teknologi ComfortClean oleh American Standard. Ini mengandung seng oksida yang ditembakkan di dalam keramik, sehingga secara efektif membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dalam mangkuk toilet. Anda bahkan tidak perlu melalui proses pembersihan yang melelahkan itu sendiri.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia