Jenis Teh Ini Bantu Anda Lebih Sehat

Teh hijau - Boldsky
12 Januari 2019 11:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Teh merupakan jenis minuman yang sudah dikonsumsi di berbagai budaya di dunia. Minuman ini bermanfaat dalam banyak hal, termasuk juga untuk mendatangkan kesehatan.

Apabila selama ini Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein dari kopi, inilah saatnya untuk menggantinya dengan teh.

Minum teh dapat menjadi gaya hidup baru yang lebih menyehatkan. Bagaimana teh dapat memberikan dampak positif dalam kesehatan? Berikut ulasannya dilansir Lifehack.org:

1. Teh hitam membantu mencegah masalah pencernaan

Saat Anda mengalami diare, cobalah mengonsumsi teh hitam dengan perasan jeruk nipis. Teh hitam beraroma jeruk akan membebaskan Anda dari rasa tidak nyaman dan kembung. Teh hitam dapat menjaga pencernaan tetap sehat.

2. Teh hijau obat alami untuk IBS
Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan penyakit pencernaan yang mempengaruhi kinerja usus besar. Jika Anda menderita IBS, Anda dapat meringankannya dengan teh hijau. Kandungan polifenol dalam teh hijau bermanfaat untuk diet dan meredakan peradangan usus karena IBS.

Teh hijau juga membantu Anda membakar kalori saat diet karena dapat meningkatkan proses metabolisme. Teh hijau pun dapat menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Selain itu, teh hijau dapat bermanfaat sebagai pertolongan pertama untuk meredam keracunan makanan.

Manfaat lain yang dimiliki teh hijau adalah untuk mengatasi jerawat karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

3. Teh lemon untuk batuk dan pilek

Teh lemon merupakan salah satu teh herbal yang bermanfaat untuk mengatasi batuk dan pilek. Teh lemon membantu membuka saluran hidung ketika batuk dan bersin, sehingga mencegah pembengkakan tenggorokan.

4. Teh chamomile membantu tidur lebih baik

Stres di zaman ini membuat banyak orang merasa stres dan sulit tidur. Minum teh chamomile sebelum tidur dapat menolong Anda untuk tidur lebih baik, Aroma teh yang memberi efek menenangkan juga dapat mengatasi stres sejenak.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Lifehack