PARENTING: Mainan Anak-Anak Ada Ukuran Idealnya Lho

Anak Berman Permainan Tradisional - Istimewa
16 Januari 2019 12:35 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hampir semua anak-anak memiliki banyak mainan. Mulai dari boneka, mobil-mobilan hingga mainan menggunakan elektronik.

Anak-anak, kecil atau besar suka bermain dengan semua jenis mainan, baik itu indoor maupun outdoor. Mainan dapat menguji keterampilan mobilitas, memicu indera, dan membantu anak-anak fokus juga.

Dengan begitu banyak manfaat, satu-satunya pertanyaan tetap - bagaimana memilih jenis mainan yang tepat untuk mereka.

Jenis mainan yang tepat dapat membantu pengembangan keterampilan emosional dan kognitif yang penting pada anak-anak dan pada saat yang sama, membuat mereka tetap terhibur. Dengan demikian, jenis mainan yang Anda berikan kepada anak-anak Anda dapat memiliki dampak besar dalam mengembangkan kepribadian dan keterampilan mental mereka.

Bukan orang dewasa yang kecanduan ponsel mereka. Anak-anak yang lebih muda tergantung pada gadget-tablet dan smartphone modern untuk tetap sibuk, bermain dan belajar, namun hal itu menyakitkan mata mereka.

Berikut adalah beberapa contoh mainan yang direkomendasikan oleh para ahli dan dokter untuk anak-anak:

Mainan rakitan

Ketika anak-anak bermain dengan puzzle atau building block, yang membutuhkan keterampilan mental, kognitif, dan motorik mereka adalah pilihan yang sangat baik. Ini juga membantu mereka mempertajam kemampuan matematika mereka di usia muda.

Mainan buatan

Penting juga bagi anak-anak untuk berpikir out of the box . Dan untuk melakukan itu, cara terbaik adalah memberi mereka kotak kosong besar yang akan mendorong mereka untuk mendorong keterampilan kreatif dan imajinatif mereka untuk menjadikannya sebagai sebuah mainan yang menarik. Setiap jenis mainan yang mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan membuat skenario juga baik untuk mengembangkan keterampilan sosial.

Game melatih bahasa dan otak

Karena otak anak-anak masih berkembang dan mereka berada pada usia yang matang untuk belajar menggunakan kata-kata dan simbol, itu selalu merupakan ide yang baik bagi mereka untuk bermain dengan segala jenis permainan kartu atau kuis yang merupakan cara yang baik untuk mengembangkan pemecahan masalah keterampilan.

Mainan melatih aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik membantu melacak kebugaran pada anak-anak di usia muda. Mainan, seperti blok busa, trampolin mini mempromosikan aktivitas fisik di dalam ruang indoor. Di luar rumah, terlibat dalam olahraga kelompok atau kegiatan apa pun dengan anak-anak seusia mereka juga membantu meningkatkan kebersamaan dan keterampilan sosial-emosional.

Mainan dengan angka

Banyak orang tua berdebat sebelum memberi anak mereka figur aksi, berpikir itu bisa menimbulkan kekerasan. Namun, bermain dengan tokoh-tokoh aksi, baik perempuan dan laki-laki dapat memicu imajinasi mereka dan memberi mereka panutan untuk mencari inspirasi.

Bola

Tidak hanya bola yang menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga merupakan kebiasaan yang sangat sehat untuk berkembang. Mereka meningkatkan koordinasi tangan-mata, pengaturan waktu, membantu menjaga berat badan, kebugaran. Ketika anak-anak bermain dengan bola, mereka juga belajar pelajaran hidup yang penting dan nilai-nilai yang berkaitan dengan kemenangan dan kekalahan.

Boneka tangan

Boneka tangan telah digunakan sejak lama sekarang. Bukan hanya kegiatan yang menciptakan nilai-nilai dan komunikasi keluarga tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial. Juga, karena boneka tidak memiliki suara sendiri, mereka mendorong anak-anak untuk menggunakan keterampilan kognitif dan koordinasi mereka untuk bermain dengan boneka.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia