Stres Jangan Dibiarkan, Ini Tips Mengendalikannya

Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett
22 Januari 2019 09:35 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Di tengah kesibukan dalam kehidupan sehari-hari, sering stres menjadi tidak terkendali. Banyak hal membuat kita kewalahan, mulai dari pekerjaan, keluarga, keuangan, dan komitmen-komitmen lainnya.
 
Untuk mengatasi semua stres itu, kita harus belajar untuk mengendalikan stres dengan tepat. Langkah awal yang bisa kita lakukan adalah menyisihkan waktu untuk mengelola stres itu. Berikut ini beberapa cara ampuh untuk mengendalikan stres dilansir WebMD.
 
1. Olahraga
 
Olahraga secara teratur dapat membuat tubuh dan pikiran tetap rileks. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati sehingga kesehatan mental dapat terjaga. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari.
 
2. Rilekskan otot

Saat Anda stres, otot-otot menjadi tegang. Anda dapat mencoba untuk mengendurkannya dengan menyegarkan tubuh melalui peregangan, pijat, mandi air hangat, dan tidur yang nyenyak.
 
3. Latihan pernapasan

Ketika stres melanda, ambil waktu sejenak untuk menarik napas dalam untuk menghilangkan tekanan. Anda akan merasa lebih baik setelah itu.
 
4.  Makan makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang akan membantu Anda merasa lebih baik. Hal ini juga dapat mengendalikan suasana hati Anda. Makanan yang sehat tentu terdapat sayuran, buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak di dalamnya.
 
5. Bersantai

Saat kehidupan Anda begitu sibuk, ingatlah untuk beristirahat sejenak. Lakukan pekerjaan Anda dengan lebih lambat sesekali. Jangan bekerja dikejar waktu dan kecepatan terus-menerus.
 
6. Beristirahat

Anda perlu merencanakan waktu senggang untuk mengendalikan stres. Anda akan menanti-nantikan waktu senggang untuk beristirahat dan bersenang-senang, sehingga menjalani aktivitas harian menjadi lebih ringan. Dalam waktu senggang itu Anda bisa mengisi waktu dengan meditasi, yoga, atau sekadar berdiam diri.
 
7. Luangkan waktu untuk hobi

Sisihkan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai dan lakukan hal tersebut setiap hari. Anda bisa meluangkan waktu setiaknya 15-20 menit sehari untuk melakukan hobi santai seperti membaca, merajut, bermain golf, menonton film, bermain game, dan lain-lain.
 
8. Membicarakan masalah
 
Jika ada hal-hal yang mengganggu Anda, upayakan untuk membagi atau membicarakannya dengan orang lain yang bisa dipercaya. Hal ini akan membuat Anda lebih lega.
 
9. Jangan terlalu keras pada diri sendiri
 
Terima kenyataan bahwa Anda tidak bisa melakukan segala sesuatunya sesempurna yang Anda inginkan. Anda juga tidak bisa mengendalikan segalanya dalam kehidupan. Jadi, berhentilah berpikir terlalu keras dan izinkan dirimu santai sejenak. Jangan lupa untuk tersenyum dan tertawa.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia