Advertisement

Musim Hujan, Tingkatkan Stamina Tubuh dengan Ramuan Rempah Ini

Iskandar
Sabtu, 26 Januari 2019 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Musim Hujan, Tingkatkan Stamina Tubuh dengan Ramuan Rempah Ini Ilustrasi pilek (freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO- Puncak musim hujan sedang berlangsung. Nyaris setiap hari, hujan turun. Menghadapinya, terutama Anda yang sering beraktivitas di luar rumah, harus lebih waspada.

Biasanya stamina tubuh mudah ngedrop saat musim penghujan seperti sekarang ini. Selain menjaga pola makan, cukup istirahat dan berolahraga agar tak mudah sakit, tak ada salahnya Anda menngonsumsi ramuan herbal untuk menambah stamina tubuh.

Advertisement

Salah seorang praktisi herbal dan terapis di Kenep, Sukoharjo, Sutarto, mengatakan ada racikan rempah-rempah yang bisa diminum untuk membangkitkan stamina tubuh agar tak mudah sakit. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapat.

Bahan yang dibutuhkan antara lain cengkih, jahe, sereh, kayu manis dan kapulaga. Takaran bahan yang dibutuhkan, untuk cengkih butuh lima butir, jahe tiga ruas, sereh satu batang, kapulaga tiga butir dan kayu manis secukupnya. Sedangkan cara membuat racikan hingga siap dikonsumsi, ujar dia, cukup simpel. Siapkan seluruh bahan yang akan digunakan. Kemudian cuci bersih dengan air yang mengalir.

Menurut dia penggunaan air yang mengalir untuk mencuci bahan-bahan tadi penting. Penggunaan air mengalir untuk mencuci bahan-bahan itu diharapkan mampu melarutkan kotoran yang menempel pada bahan. “Kalau menggunakan air yang menggenang misalnya di ember atau wadah lainnya, kotoran yang menempel tidak bisa hilang dengan maksimal. Karena air yang melarutkan kotoran yang menempel di bahan masih menyatu dengan bahan tersebut,” ujar Sutarto belum lama ini.

Setelah bahan-bahan itu dicuci bersih, kata dia, wadahi dengan gelas belimbing dan tuangkan air panas dan diamkan kira-kira 10 menit. Jika ingin segar dan enak diminum bisa ditambahi dengan gula aren atau gula batu secukupnya. Dia menjelaskan bagi mereka yang ingin tampil prima cukup dua pekan  atau satu bulan sekali meminum racikan herbal  tersebut. Namun bagi mereka yang ingin mengembalikan stamina akibat kelelahan bisa minum dua kali sepekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement