Advertisement

Anda Ingin Mengecat Rumah Agar Indah, Ini Trik Memilih Warnanya

Newswire
Sabtu, 02 Februari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Anda Ingin Mengecat Rumah Agar Indah, Ini Trik Memilih Warnanya Ilustrasi mengecat rumah - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rumah sudah kusam catnya, saatnya ganti warna baru. Anda bimbang memilih warna dan takut memilih yang kurang tepat.

Guna menghindari hal-hal seperti ini, pemilihan warna pada dinding memang harus dilakukan dengan hati-hati. Selain itu, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kesalahan.

Advertisement

"Dalam satu ruangan ada empat sisi dinding. Biasanya satu dinding memiliki jendela, cahaya alami, atau pintu. Berhati-hatilah kala mengecat dinding, kalau bisa ambil sisi yang berlawanan dengan jendela atau pintu," ungkap desainer interior, Diana Nazir belum lama ini.

Diana menjelaskan, pemilik rumah sebaiknya mengecat satu sisi dinding terlebih dahulu, kemudian lihat warna yang dipilih sesuai atau tidak dengan keinginan. Jangan lupa untuk memerhatikan penerangan, entah itu dari cahaya alami (matahari) di siang hari maupun cahaya buatan seperti lampu, sebab penerangan turut memengaruhi pengaplikasian warna pada dinding.

"Anda harus mengecek apakah warna cocok di siang hari atau saat lampu dinyalakan. Jadi enggak boleh salah pilih lampu juga, bukan hanya cat saja," kata Diana.

Selain itu, pemilik rumah harus menganalisa ruangan terlebih dahulu sebelum mengecat dinding. Apabila ruangan cenderung gelap karena tidak mendapatkan banyak cahaya, hindari pemilihan warna-warna cerah atau yang menyilaukan mata. "Tapi bisa juga tetap dipilih. Hanya saja pengaplikasiannya ambil sedikit, misal di bagian bawah atau satu sisi," tutur Diana.

Usahakan untuk memilih maksimal dua warna cat dalam satu ruangan apabila ingin kombinasi. Pada ruang-ruang pribadi seperti kamar atau ruang kerja, pilihlah warna cat yang sesuai dengan kesukaan. Sebab, pemilihan warna cat kembali lagi pada kepribadian pemilik rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement