Advertisement

Ini Kebiasaan Sepele yang bisa Merusak Hubungan Anda

Newswire
Senin, 11 Februari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Ini Kebiasaan Sepele yang bisa Merusak Hubungan Anda Patah hati ilustrasi - ist/Planet Science

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kebiasaan ini mungkin sangat sepele dan Anda tidak pernah menganggapnya sesuatu yang serius, sayangnya justru di situlah masalahnya. Kebiasaan yang Anda remehkan malah bisa jadi bumerang dan bisa merusak hubungan Anda dengan pasangan.

Ini beberapa kebiasaan sepele yang bisa merusak hubungan Anda dengan pasangan seperti dilansir Hello Sehat belum lama ini:

Advertisement

Bikin Tanda  “Hadeh” dengan Memutar Mata

Anda mungkin tidak sadar pernah melakukan hal ini ketika pasangan tengah berbicara, atau justru memergoki pasangan yang melakukannya ketika Anda sedang berbicara.

Meski kesannya sepele, jangan main-main dengan bahasa tubuh. Setiap gerak-gerik yang Anda tunjukkan punya maknanya masing-masing. Menyeret atau memutar mata merupakan cara pasif agresif alam bawah sadar Anda untuk mengekspresikan cibiran, cemoohan, kejengkelan, ketidaksetujuan, hingga bahkan menghina atau merendahkan lawan bicara. Memutar mata juga secara tidak langsung menunjukkan bahwa Anda sudah tidak ingin lagi membuang-buang waktu.

Apabila Anda memang keberatan atau tidak menyetujui apa yang dibicarakan oleh pasangan, sebaiknya jangan biasakan langsung bereaksi. Tarik napas dan pejamkan mata dulu, kemudian hela napas dalam hitungan 10 pelan-pelan sebelum mengutarakan isi hati Anda.

Tak Mau Bicara

Banyak pasangan yang memilih saling mendiamkan satu sama lain saat bertengkar. Anda mungkin memilih untuk diam sampai tercipta suasana yang lebih tenang dan kondusif, sekaligus juga untuk memberi waktu bagi masing-masing pihak berpikir jernih.

Ini tidak ada salahnya, tapi bukan berarti Anda lantas jadi mengabaikan dan sama sekali tidak merespons apa pun yang dilakukan atau dikatakan pasangan. Bersikap dingin dan tak acuh juga tidak baik bagi masa depan hubungan Anda berdua.

Saling mendiamkan satu sama lain bisa memutus komunikasi. Padahal komunikasi adalah fondasi penting untuk membangun hubungan apa pun, termasuk percintaan. Bersikap tak acuh pada pasangan akan membuatnya mengambil keputusan sepihak yang belum tentu tepat untuk menyelesaikan masalah.

Jadi jika Anda memang butuh waktu menyendiri, sebaiknya beri tahu pasangan dulu. Kemudian sepakati bersama mengenai waktu yang tepat untuk bertemu kembali dan berdiskusi soal solusi terbaiknya. Begini lebih baik dibanding Anda mengabaikannya sama sekali tanpa kejelasan.

Meninggalkan hobi demi pasangan

Setiap orang tentu ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan pasangannya. Ini bisa menguatkan ikatan batin dan kemesraan antara Anda berdua.

Meski begitu, bukan berarti Anda jadi mengorbankan seluruh waktu Anda hanya untuk bersamanya sampai-sampai memilih untuk tidak hangout bersama teman atau sekadar ke salon dan makan malam bersama keluarga.

Lama-lama, tindakan Anda dapat membuatnya “gerah”. Tidak ada satu pun orang yang mau punya pacar clingy dan posesif, yang selalu membatasi segala gerak-gerik kita setiap hari. Di sisi lain, kebiasaan “nempel terus kayak perangko” juga lama-lama merusak hubungan, membuat Anda jenuh sehingga memilih untuk mengakhirinya.

Sebaiknya bicarakan lebih lanjut bersama pasangan untuk menyepakati jadwal kencan dan jadwal untuk “me time” masing-masing agar tidak bentrok. Waktu pribadi adalah adalah hak yang ada dan tentunya harus dihargai.

Terlalu Cuek

Sudah berbulan-bulan atau bahkan tahunan menjalin asmara, Anda mungkin juga sudah sangat paham dengan segala gelagat dan kebiasaan masing-masing sebaik mengenal diri sendiri. Segala topik pembicaraan pun rasanya sudah Anda kupas tuntas bersamanya sehingga tidak tahu apa lagi yang bisa dibuat bahan obrolan.

Bahkan mungkin Anda juga tanpa sadar jadi menoleransinya saat hati sudah kepalang dongkol dan beralasan “Ah sudahlah, memang dia orangnya begitu.” Ingat, komunikasi adalah kunci asmara yang langgeng. Rasa ingin tahu bisa melatih kelancaran komunikasi antara Anda pasangan.

Ketidakingintahuan ini juga membuat Anda atau pasangan jadi terbiasa mengambil kesimpulan sendiri, yang dapat berujung pada kesalahpahaman dan merusak hubungan pada akhirnya.

Tak Mau Terbuka

Semakin lama Anda berdua menjalin hubungan, pasti ada banyak unek-unek yang menumpuk di dalam hati. Misalnya, kebiasaan pasangan yang boros membuat Anda kesal. Belum lagi ditambah unek-unek seputar kehidupan masing-masing.

Ingatlah bahwa menjalin hubungan asmara itu selayaknya hubungan kemitraan. Jika ingin hubungan berumur panjang, Anda perlu memberitahukan apa yang Anda rasakan. Ini bisa menjadi bahan bagi Anda dan pasangan untuk introspreksi diri dan saling menutupi kekurangan masing-masing.

Jangan sampai Anda memendam emosi tersebut terlalu lama. Pasalnya, semua emosi yang Anda rasakan tersebut dapat membuat Anda meledak dan akhirnya memilih untuk mengakhiri hubungan.

Jadi penting untuk menjaga hubungan dengan tidak melakukan gerakan tubuh dan kebiasaan yang dapat menghancurkan hubungan dengan pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, Pemda DIY Klaim Harga Beras Mulai Turun di Pasaran

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement