Advertisement

Kerja Kantoran Bikin Stres, Simak Cara Mengatasinya Siapa Tahu Cocok

Tika Anggreni Purba
Jum'at, 15 Februari 2019 - 12:35 WIB
Maya Herawati
Kerja Kantoran Bikin Stres, Simak Cara Mengatasinya Siapa Tahu Cocok Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Stres di tempat kerja merupakan masalah yang umum dialami oleh masyarakat modern. Lebih dari sepertiga pekerja mengalami stres yang di tempat kerja. Jadi, kalau Anda sedang mengalaminya saat ini, Anda tidak sendiri.

Untuk mengatasi stres dalam pekerjaan, Anda harus menyelidiki faktor pencetusnya terlebih dahulu. Biasanya stres dalam pekerjaan disebabkan oleh terlalu banyak pekerjaan, pekerjaan terlalu mudah/tidak menantang, tekanan dari atasan atau rekan kerja, terlalu banyak kritik, tekanan kerja tinggi, dan gaji yang kecil.

Advertisement

Masalahnya, stres yang berkepanjangan di tempat kerja tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental. Anda bisa mengalami sakit kepala, kelelahan, bahkan penuaan dini. Stres juga mempengaruhi otak sehingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, hal-hal apa saja yang harus dilakukan?

1. Buat perencanaan kerja

Jika pekerjaan terasa sangat berlebihan dan membuat Anda terpuruk, saatnya untuk berhenti sejenak. Ketimbang berusaha untuk mengejar pekerjaan Anda, lebih baik ambil waktu untuk membuat perencanaan kerja. Buatlah prioritas agar pekerjaan Anda terasa lebih terarah dan teratur.

2. Sesuaikan perencanaan kerja dengan tujuan Anda

Setelah membuat prioritas dalam bekerja, cobalah arahkan hal tersebut agar sejalan dengan tujuan Anda. Dengan begitu Anda dapat mengatur waktu dengan lebih baik dan mengabaikan hal-hal yang bisa mengganggu fokus Anda.

3. Buang, ubah, atau terima pencetus stres

Masing-masing orang memiliki sumber stresnya masing-masing. Coba urutkan penyebab stres yang membuat Anda benar-benar tertekan, misalnya soal gaji yang kecil, atau atasan yang kejam, dan sebagainya. Setelah mengidentifikasi sumber stres, Anda dapat membuat pilihan apakah membuang sumber stres itu, misalnya dengan berhenti bekerja di perusahaan itu. Anda juga bisa memilih untuk mengubah sumber stres dengan membicarakan soal gaji kecil kepada pihak perusahaan. Terakhir, Anda bisa belajar menerima kenyataan.

4. Ciptakan hubungan yang positif di tempat kerja

Salah satu kunci untuk mengendalikan stres adalah dengan menerima bantuan dari orang lain. Ciptakanlah hubungan yang baik dengan rekan kerja Anda, sehingga Anda dapat memperoleh dukungan dari mereka.

5. Berikan waktu untuk diri sendiri

Stres dalam pekerjaan dapat membuat Anda terhalang untuk memperhatikan diri sendiri. Karena itu milikilah waktu bagi diri sendiri agar tubuh dan pikiran Anda tetap rileks. Apabila Anda tidak bisa mengambil libur dari kantor, cobalah ambil waktu untuk rileks di sela-sela pekerjaan.

6. Jaga kesehatan

Ironi dari stres adalah kita sering kali mengabaikan kesehatan. Karena itu, tetap konsumsi makanan sehat, hindari makanan yang tidak sehat, olahraga rutin, dan tidur yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Lifehack

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement